Friday, March 1, 2013

Benarkah Genetic/ DNA mempengaruhi Sukses?

Keyakinan bahwa kehidupan kita ini dipengaruhi dan dikendalikan oleh GEN, sampai detik ini masih sangat tertanam kuat di sebagian besar manusia di muka bumi ini. Ketika saya masih mahasiswa di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, ada mata kuliah biologi dan histologi, dengan berbagai materi mengenai kehidupan sel, sitoplasma, mitokondria penghasil energi, dan soal genetika serta mekanisme pengendalian kehidupan biologis oleh GEN yang lebih dikenal dengan sebutan DNA selaku materi pembentuk GEN ini, menurut James Watson dan Francis Crick, yang menjelaskan struktur dan fungsi rantai ganda DNA. Molekul DNA panjang seperti benang, terbuat dari empat bahan kimia basa, yang mengandung nitrogen (Adenosin, Timin, Cytosine, dan Guanine atau A, T, C, dan G).

Disebutkan bahwa DNA bukan hanya bertanggung jawab atas karakteristik fisik, namun ia juga mengendalikan emosi dan perilaku. Inilah GEN sang pengendali kehidupan, bagi hewan maupun manusia, yang tidak mudah untuk membantahnya bahwa bagaimana cara kita hidup, itu tak bisa terlepas dari peran serta GEN dalam diri kita. Benarkah sedemikian besar pengaruh GEN atas kehidupan kita? Apakah kesuksesan dan kebahagiaan kita juga akibat pengaruh kendali dari GEN kita, dari DNA kita?

Dalam menyikapi persoalan DNA ini, saya lebih memilih untuk mencoba "open mind", mencoba melihat dari sisi yang berbeda secara positif dan optimis. Saya hanya berpikir, apakah TUHAN bersikap adil kepada manusia mengenai pembagian DNA ini kepada masing-masing ciptaanNYA? Logika pemahaman saya adalah kalau DNA yang mengendalikan kehidupan Anda, maka jika Anda dilahirkan tanpa GEN KEBAHAGIAAN, nantinya Anda akan menjalani kehidupan yang tidak berbahagia. Jika tanpa GEN KESUKSESAN, maka Anda selamanya akan menjadi orang gagal. Saya tetap yakin bahwa TUHAN pasti adil dalam setiap penciptaanNYA, termasuk dalam pembagian GEN kepada setiap manusia.

Contoh nyata yang saya lihat, hewan buas, yang logikanya punya GEN - DNA buas, ternyata hewan buas ini pun masih dapat dilatih menjadi hewan jinak, bahkan penurut, yang dapat disuruh melakukan apa pun sesuai dengan yang diinstruksikan. Anda tentunya pernah melihat Hewan Sirkus, bukan? Hewan buas seperti Singa, Harimau, Gajah, Beruang pun dapat menjadi hewan yang sangat penurut, meskipun mereka ini tergolong hewan buas yang dapat memangsa manusia.

Banyak diantara kita menjalani kehidupan yang terbatas, BUKAN karena keharusan; melainkan karena kita berpikir memang seharusnya demikian.

Jika Anda yakin bahwa GEN mengendalikan hidup Anda, sementara itu Anda tidak dapat menentukan dan memilih GEN mana yang ikut membentuk diri Anda di saat terjadi pembuahan akibat pertemuan sel telur dan sel sperma, maka ada alasan bagus untuk menganggap diri Anda sebagai korban dari faktor hereditas. "Jangan salahkan saya atas kebiasaan kerja saya -- bukan salah saya kalau saya selalu menunda-nunda pekerjaan... Ini sudah keturunan!" Dunia ini dipenuhi oleh orang yang hidup dengan ketakutan bahwa suatu hari kelak, yang tak terduga, GEN akan berbalik menyerang mereka, seperti yang terjadi pada kehidupan orang tuanya, kakak atau adik, atau paman dan bibi mereka.

Anda ingat contoh hewan sirkus yang buas tadi. Bagaimana hewan buas itu dapat menjadi jinak dan menuruti perintah? Atau Anda pernah mendengar cerita, dua orang bersaudara berasal dari keluarga sukses dan bahagia, yang sejak kecil hilang. Satu orang ditemukan oleh seorang Perampok, dan satunya lagi ditemukan dan dirawat oleh seorang Kyai. Anda pasti tahu jawabannya, bagaimana kedua orang bersaudara itu dalam menjalani kehidupannya secara sangat jauh bertolak belakang. Jawabannya adalah: LINGKUNGAN. Yaah, ini semua tentang lingkungan! Bagaimana Anda dapat berada di dalam lingkungan tepat, yang dapat mengantarkan Anda meraih impian sukses Anda, yang dapat menjadikan Anda sebagai orang paling bahagia di muka bumi ini -- inilah inti permasalahannya: LINGKUNGAN, bukan GEN - DNA Anda, yang dapat menggerakkan diri Anda, mendekati atau pun menjauhi impian yang Anda dambakan.

Satu hal penting yang harus dilakukan untuk dapat mengendalikan kehidupan agar selalu bergerak menuju kesuksesan dan kebahagiaan adalah kita HARUS menciptakan KEUNGGULAN LINGKUNGAN. Keunggulan Lingkungan inilah yang akan meretas GEN - DNA Anda, apa pun itu, menjadi sesuai dengan harapan yang Anda dambakan. Anda sendiri yang harus mau menciptakan lingkungan yang unggul, positif dan dinamis, sehingga Anda akan mengalami perubahan ke arah positif yang memunculkan keunggulan potensi diri untuk menggapai msa depan gemilang. Ciptakan lebih dulu Keunggulan Lingkungan Anda, dan Keunggulan Lingkungan yang sudah tercipta ini akan membuat Anda menjadi manusia unggul, yang selalu positif dan dinamis dalam menjalani kehidupan penuh dengan keberlimpahan dan kebahagiaan. [ed: Boy 024-70609694]

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog