Saturday, February 23, 2013

Personal Brand Butuh Perhatian Penuh

Apakah Anda mengenal personal branding? Mungkin bagi Anda yang sudah lama bergelut di bidang bisnis, personal brand bukanlah sesuatu yang asing. Hal itu tentunya berbeda jika Anda tidak mengenal dunia bisnis, kata personal brand tentunya sangat asing bagi Anda.  Lalu, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan personal brand? Personal Brand merupakan pencitraan diri seseorang yang dibangun oleh orang yang bersangkutan dan diapresiasi oleh orang sekitarnya atau bisa disebut dengan istilah "nama baik".  Jika Anda tengah berkutat di dunia bisnis, personal brand sangatlah penting, bahkan Anda dituntut untuk mengetahui lebih jauh tentang apa tips melesatkan personal brand.

Mengenai tuntutan untuk mempelajari tips melesatkan personal brand bagi pebisnis tersebut, Anda pasti bertanya memangnya apa pentingnya membangun personal brand? Apa kaitannya bisnis dengan personal brand? Adakah manfaatnya personal brand dengan kekuatan bisnis yang kita miliki? Apakah personal brand yang buruk bisa berimbas pada bisnis kita?

Personal brand PENTING!

Bahkan sangat penting! Tidak peduli siapa Anda, bisnis apa yang Anda jalankan, dan sebesar apa bisnis Anda namun jika personal brand Anda melekat di benak banyak orang secara positif maka Anda bisa menjadi juara dalam hal daya pikat.

Personal brand awalnya memang hanya membangun nama seseorang namun tanpa disadari personal brand juga akan membangun apapun yang sedang dikerjakannya. Jika Anda pebisnis maka personal brand Anda akan merebut kepercayaan dari masyarakat secara kuat. Jika Anda seorang professional, maka personal brand Anda akan semakin melejitkan karir professional Anda. Tidak peduli apa yang Anda kerjakan, personal brand Anda akan membantu melesatkannya. Tidak peduli berapa banyak follower Anda, tapi personal brand Anda telah membuat Anda kokoh tak tergantikan. Tidak peduli jikapun Anda yang menjadi follower namun telah melakukan personal brand dengan baik, bukan mustahil Anda akan mengalahkan sang pionir.

Tentu Anda semakin penasaran untuk melejitkan personal brand Anda bukan? Berikut ini kami sampaikan step demi step membangun personal brand Anda. Apapun bisnis, apapun profesi Anda, dan siapapun Anda, Anda bisa membangun personal brand sejak hari ini juga!

·         Tentukan Anda ingin dikenal sebagai SIAPA. Mulailah merumuskan diri Anda di 5 tahun mendatang akan menjadi siapa. Anda tidak perlu menduplikasi kesuksesan orang lain, tapi Anda perlu mengenal passion Anda, skill Anda, dan kemampuan Anda. Misalnya, jika bisnis Anda berada lebih cenderung di bisnis sosial maka 5 tahun mendatang Anda ditargetkan dikenal sebagai Sosialpreneur bukanlah sesuatu yang tidak mungkin bisa Anda capai. So, mulailah dari sekarang mencanangkan target Personal Brand Anda,
·         Buatlah IDENTITAS yang professional. Identitas ini bisa Anda mulai dengan menggunakan fasilitas di jejaring sosial misalnya linkedIn hingga personal site. Anda harus menggambarkan secara spesifik siapa Anda dalam identitas yang Anda buat.
·         Tingkatkan aktifitas berjejaring, berorganisasi, dan beraktifitas yang melibatkan banyak orang dengan passion yang sama ataupun di luar passion Anda. Mulailah menonjolkan diri siapa Anda, apa keahlian Anda, dan peran apa yang bisa Anda berikan pada lingkungan Anda.
·         Jadilah pribadi yang unik, artinya Anda harus mampu menjadi yang lebih menarik dan berbeda dari yang lain, caranya adalah menonjolkan sisi kelebihan yang Anda miliki karena hal itu akan menarik perhatian orang lain.
·         Konsisten dengan personal brand yang sudah kita canangkan. Apapun langkah dan program yang akan dijalankan akhirnya akan mendorong semakin melesatnya personal brand Anda.
·         Personal site Anda harus terus diupdate day by day. Masukan kegiatan Anda, hobi Anda, pengalaman Anda, dan apapun yang terkait dengan Anda yang bisa mendorong target pencapaian personal branding Anda di 5 tahun mendatang.

·         Tidak ada salahnya Anda mulai berbagi.
Buat sebuah komunitas, organisasi, atau apapun dimana Anda menjadi komandonya.
Berbagilah tentang keahlian Anda dan buatlah mereka yang tergabung merasakan manfaatnya ketika bersama-sama dengan Anda.
·         Muncullah sebagai pemberi SOLUSI pada setiap persoalan lingkungan yang sesuai dengan keahlian Anda. Teruslah muncul dan jadikan Anda sebagai sumber berita yang kompeten di berbagai media. Baik secara online maupun offline.
·         Teruslah berprestasi dan tingkatkan keahlian Anda. Anda harus melangkah ketika orang lain diam, Anda berlari ketika orang lain melangkah, dan Anda melesat ketika orang lain berlari. Anda menjadi yang pertama dan muncul sebagai yang MENGINSPIRASI.

Selamat membangun personal brand… (Boy: 024-7060.9694)

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog