Wednesday, February 20, 2013

Memulai Bisnis di Tahun Ular: Adakah Bisnis yang Hanya Cocok Bagi Shio Tertentu?

Sebelum memutuskan menjawabnya. Baiknya kita memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja sistem shio ini.

Penanggalan kebudayaan bangsa Cina berdasarkan peredaran bulan; berbeda dengan penanggalan Romawi (yang umum dipakai) berdasarkan peredaran matahari dalam membentuk siklus 1 tahun. Setiap tahun dalam penanggalan lunar ini diberi sebuah simbol hewan yang disebut shio. Satu siklus shio artinya diselesaikannya secara berurutan dari 12 lambang shio tersebut. Berdasarkan urutannya: tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, babi.
Berdasarkan perhitungan Feng Shui, di antara shio ini terdapat karakter yang dapat saling menguatkan dan sebaliknya dapat saling melemahkan. Misalnya: Shio Tikus cocok dengan Shio Monyet dan Shio Naga. Sedangkan Shio Tikus kurang cocok dengan Shio Kelinci dan Shio Kuda.

Selain ke-12 shio tadi, juga terdapat 5 unsur yang mendampingi; yaitu: Api, Tanah, Logam, Air dan Kayu. Sama seperti simbol shio, kelima unsur ini pun dapat saling menguatkan dan sebaliknya dapat saling melemahkan. Misalnya: Air menguatkan Kayu. Kayu dilemahkan Logam. Logam dilemahkan oleh Api. Api sendiri dikuatkan oleh Kayu.

Kombinasi dari 12 shio dan 5 unsur inilah yang kemudian dikenal dengan Naga Air, Tikus Kayu, Ular Api. Satu siklus kombinasi kedua faktor ini memerlukan waktu 60 tahun untuk menyelesaikannya.
Konon para Taipan di Hongkong dan Taiwan sangat percaya dengan kombinasi Shio dan Unsur ini dalam mengembangkan bisnis mereka. Mereka sering meminta para ahli Fengshui dalam menghitung peruntungan bisnis mereka.

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog