Monday, January 14, 2013

Pentingnya Kinerja yang terprioritas

Sebenarnya urutan itu penting ga sih? Anggaplah anda ingin menelpon ke Singapore dengan kode negara (65), kalau urutannya terbalik, maka telpon anda nyambungnya ke Chile.

Itu cerita pertama.

Nah, pernahkah anda pergi ke sebuah bakery? Di situ anda melihat ada sebuah kue tart yang begitu cantik dan menggiurkan. Tanpa memperdulikan diet, akhirnya anda beli juga kue tart itu. Ketika memasukkan ke mobil, anda letakkan dengan hati-hati. Menyetirpun pelan-pelan supaya kuenya tetap utuh sampai di rumah.

Begitu sampai di rumah, kuenya anda angkat pelan-pelan. Anda bahkan minta tolong pembantu untuk membukakan pintu rumah. Setelah sampai di meja makan, kuenya anda keluarkan dari kotak. Anda letakkan diatas meja lalu memotong dan menghidangkannya, tidak terbalik kan?

Itu cerita yang kedua.

Ternyata urutan itu begitu penting. Sebagai contoh, mayoritas kita makan buah setelah perut kenyang. Entah itu pisang, jeruk, semangka atau yang lainnya. Namun taukah anda, bahwa zat gula di dalam buah harus diproses dalam waktu 15 menit. Bila perut sudah kenyang baru kita makan buah, tentunya khasiat buah tidak sempat diserap. Maka yang terjadi hanyalah fermentasi dan terbentuk gas. Kita jadi sendawa dan khasiat buah terbuang percuma. Beli buah anggur, kiwi, dll cuma jadi gas doank?

Tidakkah ini sama saja dengan membeli kue tart mahal dan membuangnya ke tong sampah?

Begitu pula dalam bekerja. Karena penting saya ulangi sekali lagi (walaupun sudah disinggung di artikel sebelumnya). Huku Paretto menyatakan, dari 10 tugas yang ada, *2 tugas di antaranya memberikan 80% hasil*. 2 tugas ini biasanya adalah *yang tersulit*.

Namun apa yang kita lakukan? Sering kali kita malah mengerjakan 8 tugas yang remeh-temeh yang hanya memberikan 20% hasil. Energi, waktu, tenaga, perhatian kita habis untuk melakukan 8 tugas yang remeh-temeh. Kita merasa sudah sibuk seharian, capek, emosi. Padahal hasilnya cuma 20%.

Sering kali kita tidak bisa mengatur urutan kerja. Padahal kalau setiap kali kita bangun, kita langsung mengerjakan tugas yang hasilnya paling besar, hidup kita pasti berubah. Ingat, *kita tidak bisa mengatur waktu, kita hanya bisa mengatur prioritas*.



1 comment:

  1. I've been exploring for a little for any high quality articles or weblog posts on this kind of
    house . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this
    website. Studying this information So i am glad to exhibit that I have a very
    just right uncanny feeling I discovered exactly what I needed.
    I so much indubitably will make sure to do not omit this web site and provides it a glance on a relentless basis.


    Feel free to visit my homepage - Pintu Rumah Jati Jepara

    ReplyDelete

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog