Wednesday, January 2, 2013

"5 Manfaat Menulis” menurut Dr. Pennebaker

"5 Manfaat Menulis" menurut Dr.Pennebaker :

1.Menulis menjernihkan pikiran.

Saat memulai sebuah tugas yang rumit,cobalah untuk menuliskan pikiran dan perasaan Anda.Para. ahli hipnotis profesional sering menggunakan teknik ini untuk mempercepat proses. hipnotis.Pada dasarnya,mereka meminta klien mereka untuk menuliskan pikiran dan perasaan mereka pada saat itu.Saat klien mereka selesai. menulis, ahli hipnotis ini meminta klien untuk merobek kertas yang mereka pakai dan membuangnya. Hal ini merupakan sebuah tindakan simbolis bagi penjernih pikiran.

2.Menulis mengatasi trauma yang menghalangi penyelesaian tugas-tugas penting.

Sesudah terjadinya sebuah kemelut yg besar,orang- orang cenderung dihantui kejadian itu.Dalam memikirkan trauma itu orang-orang akan menggunakan kapasitas pikirannya yang terbesar.Oleh sebab itu,mereka akan menjadi pelupa dan tidak bisa memusatkan perhatian mereka pada pekerjaan-pekerjaan batu yang besar .

Menulis tentang trauma akan membantu dalam mengelola trauma,dan dengan demikian membebaskan pikiran untuk menangani tugas-tugas lain.

3.Menulis membantu dalam mendapatkan dan mengingat informasi baru.

Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian tentang kegiatan. mencatat, menulis catatan yang penuh pemikiran,atau, dalam kasus. anak-anak kecil,coretan- coretan,membantu orang-orang untuk mendapatkan dan mengingat kembali gagasan-gagasan baru.
Menulis bisa membantu memberikan suatu kerangka yang bisa dipakai untuk memahami perspektif baru dan unik dari orang lain.Bahkan
menulis tentang hal tersebut akan membuat gagasan-gagasan semakin jelas dan mudah untuk diingat.

4.Menulis membantu memecahkan masalah.

Karena menulis mendorong proses integrasi informasi,maka menulis bisa membantu memecahkan masalah-masalah yang rumit.Jika seseorang menulis dengan bebas tentang sebuah masalah yang rumit yang sedang ia hadapi,ia akan lebih mudah untuk mendapatkan pemecahannya.

Ada beberapa alasan untuk hal ini.Salah satunya adalah bahwa menulis memaksa orang-orang untuk memusatkan perhatian mereka lebih panjang pada satu topik tertentu daripada kalau mereka hanya memikirkannya. Karena menulis lebih lambat daripada berpikir.Setiap gagasan harus dipikirkan dengan lebih terperinci.

Menulis lebih bersifat "linier" daripada berpikir,yaitu bahwa menulis memaksa suatu gagasan untuk ditranskripkan sebeum gagasan lainya mulai dipikirkan.

5.Menulis bebas membantu kita ketika kita terpaksa harus menulis.

Menulis dengan bebas pikiran dan perasaan Anda sebelum menulis secara formal bisa membebaskan kemampuan menulis Anda.Bahkan, penulisan bebas bisa berguna sebagai landasan bagi sebuah rancangan kasar sebuah tulisan formal.

Menulis bisa menjadi sebuah kemampuan yang sangat berharga dalam mempelajari dan menghadapi dunia.Pada kesempatan yang tepat,menulis bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental.Meskipun bukan suatu obat yang serba manjur,penggunaan kegiatan menulis secara bijaksana bisa memperbaiki kualitas kehidupan sebagian besar dari kita.

Sumber : Buku Quantum Writing : Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Potensi Menulis

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog