Tuesday, October 25, 2011

Lakukan Kunjungan (Bersilaturahmilah)

Salah satu rutinitas penting seorang salesman yang sukses adalah melakukan kunjungan secara fisik (tidak cukup dengan menelpon atau korespondensi) ke kantor pelanggannya.
 
Selama pengalaman saya sebagai seorang salesman di atas lapangan, banyak sekali pelanggan-pelanggan penting (dan besar) yang berhasil saya rebut dari pesaing saya hanya karena pesaing saya mulai kendur dalam melakukan kunjungan ke tempat pelanggan tersebut.
 
Secara psikologis, melakukan kunjungan rutin ke pelanggan akan membuat ikatan emosional menjadi semakin kuat dan pada ujung-ujungnya Anda seperti membangun tembok pertahanan yang kokoh di sekitar pelanggan Anda tersebut sehingga pesaing Anda pastinya sangat mengalami kesulitan dalam melakukan pendekatan atau usaha untuk merebut pelanggan tersebut dari tangan Anda.
 
Seorang salesman level pemula yang masih serba canggung sekalipun akan tetapi memiliki tekad sekuat baja dan sering melakukan kunjungan ke tempat seorang (calon) pelanggan lebih berpotensi untuk memenangkan persaingan bisnis dibandingkan seorang salesman level senior yang sangat berpengalaman (bahkan dengan posisi sebagai Direktur sekalipun, dari pihak pesaing bisnisnya namun tidak pernah atau jarang melakukan kunjungan ke tempat pelanggan).
 
Bisnis penjualan yang sukses dan kokoh untuk jangka panjang "dalam bahasa sederhana"?
 
Lakukan Kunjungan, titik!

Salah satu keunikan distribusi di Indonesia, memang para salesman harus rutin dan secara periodik diwajibkan mengunjungi pelanggan. Bahkan yang paling baik adalah setiap hari harus ada feedback dari salesman, terutama untuk pelanggan-pelanggan yang gagal dikunjungi. Alasannya apa kok sampai tidak dikunjungi. Dengan area penjualan yang dituntut semakin luas dan target penjualan yang harus meningkat, maka senjata para salesman untuk dapat mengunjungi pelanggan secara rutin dan periodik adalah:
- Dibuat rute penjualan, dengan periodik mingguan; 2 mingguan; bulanan; dll.
- Perlu feedback dari setiap kunjungan ke pelanggan setiap hari
- Mengurangi kegiatan administrasi salesman, dan memberikan informasi selengkapnya kepada salesman, melalui perangkat PDA
- Perangkat PDA juga berfungsi untuk mencatat order, melakukan penagihan, survey dan mencatat aktivitas kompetitor
- Perangkat PDA juga berfungsi untuk mengecek apakah salesman benar-benar datang ke pelanggan, sekaligus tentunya untuk evaluasi berapa lama waktu tempuh dan cost yang diperlukan
 
Kesimpulan saya, kunjungan ke pelanggan adalah urat nadi dari kehidupan perusahaan distribusi.


 
Jorganizer Hamdani
024-7060.9694 (flexy)
hope 4 the best n prepare 4 the worst
knowing is nothing without applying

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog