Sunday, June 20, 2010

[PROFEC] BAGAIMANA MEMBUAT KOMUNIKASI ANDA BERPENGARUH?

Pernahkah anda berkomunikasi namun anda tidak puas karena tujuan anda tidak tercapai?
Tentu itu bukanlah pengalaman yang menyenangkan pastinya. Terlebih ketika apa yang kita sampaikan begitu mudah dipatahkan dan diabaikan seolah hal yang kita sampaikan tidak bermutu atau mereka tidak mempercayai perkataan kita.


Oleh karena itu izinkan saya dalam kesempatan kali ini untuk memberikan sebuah tips agar komunikasi anda begitu berpengaruh dan orang disekitar anda dengan cepat mempercayai apa yang anda katakan.

Dalam komunikasi persuasive modern ala hypnosis,dijelaskan bahwa seseorang akan dengan nyaman menerima informasi dari orang lain ketika

1. Mereka merasa nyaman dengan orang yang berbicara dengannya
2. Orang yang berbicara memiliki otoritas yang tinggi
3. Orang tersebut mampu menyentuh emosi / terjadi keterhubungan emosi


Oleh karena itu agar komunikasi anda menjadi efektif maka buatlah kondisi diri anda seperti keadaan yang dimaksud dalam ketiga item di atas sebelum anda menyampaikan informasi atau menawarkan sesuatu (ide,barang, informasi ,dll) kepada lawan bicara anda.

Mungkin anda kebingungan “bagaimana yah caranya agar diri saya bisa mudah nyaman dengan orang lain, atau bagaimanakah saya bisa dipandang dalamberbicara?”

Nah disinilah saya ingin berbagi kepada anda bagaimana tips dan tricky nya membuat anda begitu hebat sehingga ketika anda berbicara orang akan terkesima dengan apa yang anda katakan

* Cara Pertama yang anda perlu lakukan adalah mencari kesamaan antara diri anda dengan dirinya. Karena dengan membuat kesamaan-kesamaan antara anda dan lawan bicara anda maka itu akan membuat “sambungan” komunikasi. Tentu kalau komunikasinya sudah nyambung maka anda akan nyaman berbicara dengan dirinya dan dirinya nyaman berdiskusi dengan anda.


* Gunakan permainan emosi komunikasi, buatlah agar lawan bicara anda seolah-olah merasakan yang terjadi seperti yang anda informasikan. Sehingga ketika lawan bicara mampu ikut merasakan maka akan terjadi keterhubungan emosi antara apa diri anda dan dirinya. Contohnya buatlah lawan bicara anda tertawa dengan joke-joke ringan,sebelum anda melakukan transaksi bisnis. Karena dengan mereka mampu tertawa itu artinya mereka sudah nyaman berdiskusi dengan anda dan itu menandakan saat yang tepat untuk menyampaikan informasi kepada lawan bicara anda.
* Kedua Cara diatas adalah metode untuk membuat orang menjadi nyaman kepada diri anda serta menaikan otoritas dimata lawan bicara anda. Tahapan ini disebut dengan Komunikasi Empati. Setelah anda mampu membuat seseorang nyaman dengan komunikasi empati barulah anda bisa memberikan informasi (Komunikasi Persuasive). Sebab anda tidak akan bisa menyampaikan informasi kepada seseorang jika belum ada “jembatan” antara diri anda dengan dirinya. Dan kenyamanan adalah salah satu jembatan antara diri anda dan lawan bicara anda.


* Mungkin anda pernah mendengar teknik 3 V dimana Verbal kita ternyata hanya memiliki kekuatan pengaruh 7%, Vocal kita 38% dan Visual 55%. Oleh karena itu dalam menyampaikan informasi gunakanlah tangan anda untuk membantu visualisasi apa yang anda sampaikan. Gunakan bahasa tubuh anda untuk memperkuat informasi. Gunakan vocal agar komunikasi menjadi nyaman dan tidak monoton


* Setelah anda mampu membuat lawan bicara anda nyaman maka lakukanlah kongruensi. Kongruensikan bahasa tubuh dan intonasi suara anda dengan informasi yang anda sampaikan. Karena orang tidak akan percaya anda sabat kalau anda mengatakan “Saya Sabar” dengan intonasi yang tinggi


* Gunakan Pola Bahasa hypnosis


Semoga informasi sederhana inimemberikan banyak manfaat untuk sahabat semua

maspank@yahoo.com
024-7060.9694

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog