Friday, October 16, 2009

date rape

denger kata “rape” alias perkosa alias perkaos, dsb yang kebayang pasti suatu tindakan kekerasan seksual yang dilakukan sama orang yang ga dikenal, misalnya maling atau penjahat. tapi ada juga lo perkosaan yang dilakukan justru oleh orang yg dikenal. bisa temen, pacar, tetangga, bahkan keluarga sendiri… Nah lo, gimana tuh?!

makin gede, artinya makin banyak temen donk, trus ada yang punya pacar juga en banyak ketemu orang2 baru. berkenalan dengan banyak orang udah pasti jadi bagian dari hidup dan merupakan sesuatu yang sifatnya excited, ‘tul gak??

semua hubungan (persaudaraan, pertemanan, pacaran) ga pernah bertujuan untuk sebuah kekerasan, pasti. tapi sayangnya, kadang kekerasan bisa aja terjadi. Ketika suatu pemaksaan seksual terjadi antara dua orang yang udah saling mengenal, ini yang dinamain “DateRape”… walopun kedua orang itu (si pemerkosa dan korbannya) udah kenal baik, atau memang udah intim banget sebelonnya, ga ada satu orang pun yang berhak buat maksain hubungan seksual dengan yang lainnya. biasanya sih yang jadi korbannya ya para cewek, tapi ga menutup kemungkinan cowok sebagai korbannya.

trus, pelaku syapa? ya bisa syapa aja, yg pasti dikenal sama korbannya.. biasanya sih Date Rape lebih diartikan sexual forced oleh pacar. yaaah… emang si ada bumbu2 sex nya, tapi tetep aja “rape is not about sex and passion. rape has nothing to do with love. rape is an act of aggression and violence.” tuhkan!

hubungan yang sehat

respek sama perasaan orang lain. kalo temen atau pacar udah mulai memaksa buat lebih intim dari pada yg diinginkan si cewek (kalo cewek korbannya), ini artinya udah ga respek lagi, artinya lagi, hubungannya bisa dibilang udah ga sehat. Sex is not something that one person owes to another. seseorang yang bener2 sayang sama pacarnya pasti menghargai perasaan pacarnya dan ga akan memaksakan keinginannya.. (dalam hal ini hubungan seksual).

pengaruh alkohol dan drugs

ga bisa disangkal kalo alkohol banyak berperan menyebabkan terjadinya date rape. alkohol kalo diminum banyak2 kan bisa bikin mabok, trus kesadaran menurun bahkan-beberapa- bisa meningkatkan sexually aggressif behavior atau istilahnya ‘gairah’.

ada lagi obat yg paling ngetrend, namanya Rophynol alias roofies atau forget pill atau juga date rape drugs. obat ini kalo terminum (karna biasanya kan ga sengaja ya) bisa bikin ketiduran en lupa sama apa yg terjadi setelahnya. makanya ati2 yang suka ke pesta, makanan atau minumannya dijaga sendiri.. yaaa sering kan di sinetron2 gitu kejadianya...

so, caranya mencegah ini terjadi ?

*

sebisa mungkin ga berduaan sama orang lain yang kira2 ‘berbahaya’
*

kalo pembicaraan udah mulai nyerempet2 ke hal2 yang ‘begituan’, mending buru2 pergi dari tempat itu deh..*

jaga makanan atau minuman sendiri.. sebaiknya sih jangan terima makanan atau minuman dari orang yang ga dikenal baik.. (inget obat tidurnya)*

berani bilang TIDAK tidak dengan jelas, dan cowoknya harus ngerti kalo “tidak” artinya memang “tidak”, bukan “tidak, eh… iya” atau si cewek pengen dirayu lagi.. *

pengendalian lah diri intinya.. eh, bisa juga lo blajar bela diri dikit2.. itung2 biar bisa kabur cepet2..

makanya kudu hati2 ya kalo bergaul. soalnya date rape ini bisa menimpa syapa aja. bahkan ni.. cewek2 Amerika sono banyak yang jadi korbannya.. atau ga usah deh jauh2 deh, di sekeliling Qta aja ini banyak bang’get terjadi (atau bahkan mungkin Qta sendiri pernah ngalamin), cuma ya kebanyakan korbannya malu atau takut buat ngomong.. bahkan takut buat ngomong ke pacar sendiri… atau bahkan ga merasa sebagai korban nya…

jadi buat para cewek, bilang aja “nggak” kalo emang ga mau.. itu hak kamu! dan GA SEORANGPUN bisa memaksa kamu… key !

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog