Review Laptop Yang Banyak Dipake Orang Kaya – ThinkPad X1 Nano

Halo guys! Masim di sini. Dan ini adalah Lenovo ThinkPad X1 Nano. Akhirnya ya saya bisa nyobain ThinkPad juga, kalo dipikir-pikir selama ini saya memang selalu ngebahas laptop Lenovo yang pasarnya lebih mainstream ya, kayak Legion, IdeaPad, Yoga, Thinkbook. Belum pernah ngebahas ThinkPad ini laptop yang seri-nya paling tinggi.

Yang ter-the best dari Lenovo. Belum pernah ngicipin langitnya Lenovo lah. Selama ini saya cuma bisa penasaran aja denger-denger cerita orang doang nonton reviewnya kalo ThinkPad itu beda dari laptop lain, ada ciri khas sendiri yang bikin namanya jadi legend. Mas Dedy dari JagatReview aja, kayak ngefans banget sama seri Thinkpad tiap dia ngereview laptop ThinkPad pasti semangatnya itu beda. Jadi mau nggak mau saya juga harus coba lah.

ThinkPad X1 Nano

Ngerasain apa yang spesial dari nih laptop biar gak kurang pergaulan gitu Ya.. sebagai catatan awal saya langsung kasih tau dulu ya karena ThinkPad ini punya status sebagai seri laptop Lenovo yang paling tinggi tentu aja harga yang dipatok juga nggak bakal murah buat ThinkPad X1 Nano ini, Harga resminya Rp34.850.000 Huft!

Buat konsumen mainstream harga 30 juta++ buat sebuah laptop… WOW sihh..

Tapi buat target pasar dari ThinkPad yang kelasnya itu kaum professional yang orangnya itu kelasnya bisnis mungkin mereka bakal mikir.. Eh.. harganya oke tuh, nanti tinggal minta orang procurement buat sediain aja.

Sepuluh lah! Atau bisa juga mikirnya kayak gini: Murah ya! kemaren pas gua terbang ke London aja kursinya lebih mahal dari ini. Dunianya beda banget, target pasar Thinkbook itu jenis orang yang kalo laptopnya rusak atau hilang dia bakal berani bayar ratusan juta biar dia bisa balikin data-datanya lagi.

Buat restore file-file dalemnya yang mungkin valuenya itu nilainya milyaran kalo hardware laptopnya mah ya udah lah ya, tinggal beli lagi Itu mah di pasar banyak, di toko banyak Lenovo pasti udah tau soal itu.

Makanya pas saya cari-cari apa yang spesial dari ThinkPad X1 Nano ini. Salah satu bagian yang paling menonjol ada di solusi keamanan end to end dari Lenovo yang dikasih nama ThinkShield. Lewat ThinkShield Lenovo mau ngasi jaminan ke konsumennya kalo laptop kayak ThinkPad X1 Nano ini punya level security yang tinggi banget karena laptopnya ini udah dijagain sejak dia itu dibuat dari tingkat supplier misalnya, rantai yang paling awal supplier komponennya itu harus lolos kualifikasi dulu buat mastiin kalo mereka gak bakal macem-macem, semua proses harus transparan, gak dikasi celah sedikit pun habis supplier lanjut ke proses packaging, transport buat distribusi sampai akhirnya ke tangan konsumen semuanya ditracking. biar laptop baru kita itu bener-bener baru bener-bener fresh tanpa ada titipan dari pihak manapun. Pas umur laptopnya udah selesai kita mau ganti atau mau upgrade Lenovo juga nyediain layanan buat lenyapin semua sisa data yang ada di laptop kita.

Dan partnya juga bakal di daur ulang dengan proses yang aman. Jadi, dari ujung ke ujung itu gak dikasih kendor. End to end banget. Gak cuma di proses awal-akhirnya aja ya, selama pemakaian pun didalam laptop ini ada ekstra perlindungan dalam bentuk firmware yang selalu di-update pastinya. Terus ada ThinkShutter ini cover webcam biar gak ada potensi diintip orang webcamnya juga udah support Windows hello, ada teman infra merah di sampingnya Ada Self-Healing BIOS, biar BIOS kita tuh bisa restart ke backup sebelumnya kalo laptop kita diserang ada tamper switch, itu buat mencegah atau ngasi tau admin IT kalo ada akses tanpa izin kedalam sistem.

Webcam

Banyak! di webcam ThinkPad ini juga tentu aja ada software Glance by Mirametrics yang punya banyak fitur ya, kayak privacy guard yang bakal ngeblur-in layar kalo misalnya ada orang yang ngintip isi layar kita dari belakang.

Kalo ini, gak perlu banyak saya jelasin sih di laptop Lenovo lain juga ada soalnya. intinya, fitur security di ThinkPad bener-bener diseriusin oleh Lenovo Karena itu yang paling dicari oleh target pasarnya. Itu yang bikin dia dipercaya orang-orang yang kelasnya udah atas.

Mau hardware secepet apa, kalo gak aman, percuma banget tapi ya harus saya tekanin. Kalau nggak ada laptop yang 100% bebas dari potensi hacker atau maling. Dari kita nya sendiri, pakenya harus hati-hati. Kalau misalnya asal klik download, yang download pilihannya banyak dan salah, terus kita pede banget sampe ujungnya itu ke mana, ya jangan heran kalau laptop kita bakal kenapa-kenapa ya. ThinkShield itu lebih ke perlindungan ekstra aja.

Desain

Sisanya kuta sebagai user yang tetap pegang kendali. Nah, setelah hati tenang, kalau laptopnya pasti aman, baru tuh, mulai pamerin hardware-nya. Dari desainnya, Thinkpad X1 Nano kelihatan serius, profesional. Karena di pojokan cover layarnya ini ada logo Thinkpad. Dengan titik di huruf “i” yang nyala-nyala warna merah.

Aura brandingnya ini memang beda sih dari Thinkpad. Kalau kita perhatiin dari deket, di cover layarnya ini juga ada pola-pola khas carbon fiber gitu ya. Karena bahan yang dipake di bodi laptop ini memang kebuat dari kombinasi carbon fiber sama magnesium alloy.

2 bahan yang sering dipake di laptop kelas atas, karena feel teksturnya tuh kelas. Durability-nya tinggi dan tetep bisa berasa enteng lagi.

Enteng banget malah, sampe bikin Thinkpad X1 Nano ini jadi punya status sebagai Thinkpad paling enteng yang pernah ada. Bobotnya ini di bawah 1 Kg ya. Spesifiknya itu 969 gram. Sesuai kayak namanya, Nano. Saking entengnya, pas layar laptop ini mau diangkat pake 1 tangan bagian bawahnya juga ikut keangkat karena bodinya nggak bisa nahan beban layarnya ya.

Ngomong-ngomong soal layar, Thinkpad X1 Nano pake layar IPS Touchscreen 13 inch. Resolusinya 2K dengan color gamut 100 sRGB. Refresh rate 60Hz dan kecerahan di 450 nits.

Plus ada dukungan dari Dolby Vision juga. Di sistem audio pun, di laptop ini, dia juga udah pake stereo speaker by Dolby Atmos yang bisa ngehasilin suara yang lumayan cakep, bass-nya tipis-tipis sih, tapi vokalnya jernih, middle suara pun kedengaran jelas.

Kualitas suara buat perekaman audionya, si Lenovo Thinkpad X1 Nano ini, bisa dibilang keras ya? Jadi suara saya bisa ditangkap dengan full gitu, karena dia punya 4 kamera 360. Kalau kualitas kameranya kayak gini. Selama saya nyobain nih laptop, bagian audio visual ini nggak kerasa wow banget ya. Standar aja.

Nggak bisa jadi sesuatu yang dipamerin di Thinkpad ini. Nggak bisa menang semua. Mereka lebioh fokus ke security tadi, dan tentu aja…

Keyboard

Keyboard legendarisnya. Ini bagian yang selalu saya dengar saat orang ngomongin Thinkpad.

Keyboardnya the best. Keyboardnya nggak ada obat. NO DEBAT.

Setelah saya cobain, memang saya langsung senyum-senyum sendiri sih. Terus mikir, “Kok laptop lain nggak ada yang kayak gini ya keyboardnya?” Feel ngetiknya nyaman banget. Berasa mantep, travel distance-nya tinggi, dan suaranya nggak berisik-berisik banget. Rasanya lebih pede aja kalau ngetik di keyboard Thinkpad.

Kalau mau dibilang yang the best di kategori laptop, ya saya setuju sih.

Dunianya lumayan beda. Satu-satunya bagian yang biin saya agak kagok pas awal saya pakai keyboard ini, palingan pas mau neken tombol G, H, sama B ya. Karena kayak ada sedikit jurang. Ada cekungan ke dalam, supaya ada ruang buat si Trackpoint.

Ini salah satu ciri khas Thinkpad juga. Trackpoint warna merah ini, yang fungsinya buat ngarahin cursor di layar. Kayak fungsi analog di controller konsol gitu lah.

Karena si trackpoint ini juga, makanya tombol klik kanan-kiri di laptop ini juga ada di bagian atas. Biar dia itu bisa kejangkau kalau kita pakai trackpoint.

Banyak banget cara buat ngontrol laptopnya. Sampai saya bingung, mau pakai mouse, atau pake touchscreen, atau pakai trackpad, atau pakai treackpoint. Ya ini pilihannya banyak sih. Silahkan dipilih aja. Oh ya, soal spek, Lenovo Thinkpad X1 Nano ini udah lolos sertifikasi Intel Evo ya.

WiFi 6

Nggak heran buat kelas harga segini. Buat yang belum tahu Intel Evo itu apa, kalau sebuah laptop udah punya label itu, artinya si laptop itu pasti kenceng, gesit, layarnya bagus, baterenya awet, port-nya kenceng, punya sistem keamanan biometrik, bentuknya tipis, WiFi-nya kenceng, ya udah wajib lah buat laptop yang harganya 30 juta plus plus makanya tadi saya ada bilang kalau nggak heran kalau Thinkpad X1 Nano ini udah punya label Evo. Kalau nggak ada Evo malah gawat, misalnya…

Laptop se-premium ini belum support Wi-Fi 6. Itu nggak masuk sih. Orang yang pake laptop kayak ginian nggak boleh pusingin soal itu. Pusinginnya malah rumahnya kegedean kali, terus sinyal WiFi nya jadi banyak blindspot.

Mau laptopnya udah WiFi 6, juga tetep nggak bakal maksimal, masalahnya beda.

Dan buat masalah kayak gitu, kemarin kita udah sempet bahas solusinya ya. Bisa pakai extender, bisa pakai router yang lebih bagus, atau buat saya yang paling cocok itu teknolohgi Mesh Wifi. Kayak punya Gigamaze ini. Dia bisa dipake buat semua internet provider di Indonesia. Saya sendiri ada langganan paket internet up to 100Mbps bvuat studio ini ya.

Sebelumnya ada beberapa titik studio yang speed-nya lemot banget sih karena sinyalnya lemah. Tapi habis pakai Gigamaze, semua titik jadi full speed. Recommended, katanya sejak video itu, barangnya sold out terus sih, ya itu lumayan senang lah.

Sekarang saya lihat udah ready stock lagi ya. Dan lagi ada promo flash sale juga di Tokopedia.

Diskonnya sampai 800 ribuan di Gig Official Store. Buat detail promonya bisa dilihat lewat link di bawah aja. Sekarang lanjut soal Thinkpad X1 Nano-nya. Soal speknya tadi. Ya nggak heran kalau spek dari Thinkpad ini bagus.

Bagian yang menarik perhatian saya justru ada di jenis prosesornya. Platformnya Intel EVO, yang ditenagai Intel Core i7 vPro. vPro. Baru kali ini saya denger. Dan memang cocok, setelah saya baca-baca dipake di laptop sejenis Thinkpad ini.

Soalnya Intel seri vPro itu punya teknologi buat ngedukung sistem keamanan ThinkShield yang tadi. Muali dari proteksi dari rootkit, virus, dan malware, dari level firmware sampe hardware ada semua. Proteksi identifikasi dan titik akses itu swap, terus ada proteksi data bisnis dan pribadi, sampe memungkinkan staff IT untuk benerin laptop dari jarak jauh juga kalau misalnya ada masalah.

Jadi, yang punya itu nggak usah repot-repot lagi buat bawa laptopnya ke IT Staff, atau dia yang datang, itu ngabisin waktu banget. Buat GPU-nya sendiri, Thinkpad X1 Nano ini pakai Intel Iris XE ya.

Terus ada RAM 16GB, LPDDR4 juga, kalau itu udah kesolder, jadi nggak bisa diupgrade, storage-nya 1TB SSD NVMe dengan speed yang kenceng. Dan sistem operasinya Windows 10 Pro. Bukan yang standar, yang Pro! Di bagian performa mesin, laptop ini bisa dibilang standar laptop kantoran ya. Yang bukan ngandelin raw power kayak laptop gaming tapi lebih ke soal gesit-gesitan dan keamanan tadi.

Dilihat dari skor benchmark Cinebench R20, terus ngelihat durasi render di Blender, Geekbench, semuanya bilang kalau power prosesor ini standar aja lah. Buat main game juga asal bisa aja. Buat main game e-sport kayak Valorant, agak lucu sih sebenernya ngomongin gaming di Thinkpad, Tapi ya udah lah, buat Valorant masih bisa dapetin 60 fps, main Genshin Impact bisa 50an fps, asal settingannya low semua.

Kalau game triple A udah nggak ngangkat lagi. 20 fps setting paling bawah itu udah nggak bisa lah.

Laptop ini sekali lagi, dirancang buat kaum profesional. Bukan pro-gamer tapi. Ini profesional, pebisnis yang lebih mentingin laptopnya bisa diandalin kapan aja di mana aja. Makanya dia aman. Terus dia juga enteng, gaya buat lingkungannya, dan baterenya awet.

Pas saya tes buka YouTube di 50% Brightness, laptopnya ini bisa tahan 10 jam lebih. Kalau mau ngecasnya, kita bisa pakai salah satu dari 2 port Tunderbolt 4, di sebelah kiri laptopnya, yang udah support power delivery sama display port juga. Di sebelah sini juga ada combo jack ya. Sementara di sebelah kanan nggak ada port apa-apa. Ada tombol power aja.

Bahkan USB Type A pun dia nggak ada. Jadi kalau mau konektor lebih harus pakai dongle lagi. Kayak misalnya kalau mau colok port Ethernet, dalam paket penjualannya sudah dikasih. Kesimpulannya, kalau ada yang pakai Thinkpad, kayak Thinkpad X1 Nano ini, udah ketahuan ya orangnya kayak gimana, Serius, profesional, berani bayar lebih biar bisa ngehasilin jauh lebih banyak lagi. Nggak ada kompromi soal keamanan, orang-orang yang levelnya udah tinggi, mau dari jabatannya, status, dan otomatis dari tebal dompetnya, nggak mau pusing lah, pokoknya terima beres aja kalau ada masalah.

Fokus apa yang dia kerjain. Maskanya biar si Thinkpad X1 Nano ini lebih menarik lagi, Lenovo ada sediain layanan Premier Support selama 3 tahun ya. Ini layanan yang paling premium dari Lenovo. Kalau ada masalah sama si Thinkpad, bakal langsung dibantu oleh teknisi ahli Lenovo secepat mungkin. Semua serba dikebut karena tadi itu.

Orang yang pake ini nggak bisa kompromi lagi sama waktu. Layanan teleponnya juga ready 24/7 di seluruh Indonesia. Kualitas laptop ini memang sesuai sama reputasi yang saya dengar selama ini sih. Demikian review GadgetIn buat Lenovo Thinkpad X1 Nano. Like kalau anda suka dengan video ini, dislike kalau nggak suka, dan kita ketemu lagi di video selanjutnya.

Yo! Keluar duit bukan buat beli barang doang. Jaminan *ketawa*.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.