Nyobain BOCORAN Windows 11 buat Pertama kali

Halo guys, David di sini dan hari ini kita bakal nyobain Windows 11, Windows 11. Windows sebelas. Ya mungkin sebagian dari anda udah ada yang tahu kalau…ada isu, bahkan udah hampir jelas isunya kalau Windows 10… yang kita cintai dan sayangi yang udah sering banget kita lihat selama..

Mungkin 5-10 tahun terak- 5-10 nggak… ini munculnya 2015 jadi sekitar 6 tahun terakhir lah kita lihatnya yang ada di laptop-laptop, yang ada di tablet baru, yang ada di komputer baru bakal segera di upgrade ke Windows 11 dari 10 ke 11 nggak ada..Perubahan nama yang luar biasa banget. Memang infonya belum resmi sih. Microsoft belum bilang apa-apa soal itu, tapi tanda-tandanya udah lumayan jelas.

Windows 11

Yang pertama mereka bakal bikin event tanggal 24 malam nanti soal apa ya? Judulnya itu what’s next for Windows. Jadi mereka bakal ngomongin masa depannya Windows dan yang pasti masa depan Windows-nya bukan Windows 10 ya karena Microsoft juga ada bilang yang jadi yang jadi petunjuk kedua kalau Windows 10 itu bakal nggak dapetin support lagi sejak tanggal 24 Oktober 2025 nanti. Jadi sekitar 4 tahun lah kita punya persiapannya.

Jadi harusnya mereka bakal ngomongin Windows yang baru kan? Dan kemungkinan besar 99% bakal ngomongin Windows 11. Ya kecuali mereka tiba-tiba bikin Windows…

Vista, Pro Max atau Windows 7.2 gitu kan kita nggak tahu, tapi… ya tanda-tandanya udah kayak gitu dan kita bakal nyobain di video kali ini.

Ini file ISO-nya udah saya masukin ke flashdisk.

Ini filenya saya dapatin dari internet banyak yang nge-share dan banyak yang udah nyobain juga. Jadi harusnya bisa jalan juga di video ini ya soalnya saya belum install. Di sini saya bakal pake si ROG… Strix yang umurnya udah 2-3 tahun. Saya pakai karena nggak ada file penting di dalamnya jadi…

BIOS

kalau misalnya error atau apa ya harus dibersihin saya nggak rugi-rugi banget. Apalagi ya ini kan… filenya lagi-lagi bukan yang resmi, bukan dari Microsoft punya. Jadi kita bakal lihat di video ini apa aja bedanya dibandingkan dengan si Windows 10. Oke sekarang kita install dulu ya. Saya nggak bakal…kasih lihat proses booting BIOS dan lain-lain. Bakal langsung ke proses… paling awal serasa hidupin laptop baru yang ada Windows 11-nya.

Karena… itu nggak penting sih dan kayaknya agak boring jadi kita langsung loncat aja. Tampilan awalnya si masih kayak Windows 10 ya.

Ini bahkan lambangnya pun setau saya Windows… 11 itu lambang Windowsnya itu udah benar-benar simetris. Jadi nggak miring ke sana lagi tapi udah ngelihatnya lebih lurus. Mungkin… di Microsoft udah ada tukang yang ngelurusin jendelanya atau gimana ya. Jadi… kita ini sama, terus install now. Ya mirip-mirip lah. Cuma yang pengen saya tekenin apapun yang saya tampilin disini itu bukan yang finalnya ya.

Sekali lagi ini… cuma software bocoran doang yang… nggak direstui Microsoft. Microsoft sama sekali nggak bilang apa-apa bahkan…

kalau nggak salah ada berita yang bilang kalau mereka mulai take down- take downin link yang…

Ngeshare-in software kayak ginian. Terus ini juga sama.

Ya copy Windows files dan lain-lain kalau misalnya kita beli laptop baru atau komputer baru yang udah ada Windows. Kita nggak bakal ngelaluin proses ini sih. Kita bisa langsung loncat ke setting email, setting apa ini bener-bener setting…

kita menginstal komputer dari kosong banget buat yang belum pernah liat. Woh! Ini lebih clean dan lebih kayak futuristik sih daripada…

start up-nya Windows 10. Kalau itu Windows 10 kan pas kita disuruh milih negara atau region dia cuma biru doang, boring banget. Cuma biru polos plus kita dikasih tulisan-tulisan doang. Kali ini ada icon-nya yang warnanya lumayan gradasi. Ini lumayan ngingetin saya kayak Telegram ya. Soalnya ada pesawat kertas dan kayak ada bolanya gitu tapi… kalau Telegram kan biru doang.

Saya juga jadi lumayan inget sama Microsoft 8 sih yang ada gradasi-gradasinya gitu lambang.. Si 8 kan dia lumayan gradasi juga si iconnya biru ke ijo. Ini ngingetin saya sama kayak gituan. Jadi… perubahan Microsoft itu memang nggak langsung dari 10 ke 11 itu beda banget tapi di 10 kita juga udah ada dikasih update yang lumayan ngasih tanda kalau mereka tuh mulai…

ada naik-naik beda banget dari yang… Windows 10 kemarin lah, udah mukanya mungkin berubah banget.

Jadi Windows mutusin Microsoft mutusin buat yah sekalian ganti nama aja lah yang namanya update kan memang naik terus, naik aja lah udah. Hmm keren! Ada animasi-animasinya tapi… animasinya barusan kelihatan patah-patah banget. Ini nggak ada hubungannya sama hardware karena… hardware dari ROG Strix ini udah bagus banget. Tapi ya karena lagi-lagi ini…

Animasi

softwarenya masih yang colongan punya, jadi ya ginilah. Next! Apa nih? Woh! Ada animasi-animasinya.

Disini kelihatan banyak animasi udah serasa… update Android ya. Ini saya nginstall Windows 11 yang saya download dari luar terus diinstal ke sini udah serasa feelingnya tuh kayak… install Google Play di HP-HP Cina. Mirip kayak gitu sih. Woh!

Yah benar-benar patah banget. Keren sih ada Xbox, ada ini kok kayak Apple Music logonya soalnya… mirip banget loh ini warnanya dari bentuknya, ikon-ikonnya juga berubah ini stik Xbox tentu aja buat yang belum tahu Xbox itu punya Microsoft.

Kita log in nggak? Ini jangan-jangan jebakan buat Wah! Ini account ini dia udah cari duluan nih.

Disini harusnya belom ada Windows Hello atau apasih. Karena ya.. Eh! Ini ada lambangnya udah harusnya bakal ada Windows Hello tapi saya nggak yakin kalau di laptop Ini udah bisa langsung dipakai. Sistemnya Woh! Ini ada pilihan yang nggak ada di Windows 10.

Jadi… dia nanya kita bakal pakai laptopnya kebanyakan buat apa. Apakah buat gaming?

Ini ROG Creative, Family, SchoolWork. Ada ya di Windows 10 ya? Kok gua nggak inget. ini kayak lebih jelas gitu kalau di Windows 10 kok nggak terlalu inget. Jadi… kayak rasanya lebih jelas aja ini.

Ini Oh! Kalau ini ada di Windows. Jadi kita mau savenya di OneDrive atau di sini. Kita sini aja. Fontnya juga berubah.

Fontnya kelihatan lebih… Kalau yang Windows 10 dia lebih kurus, kalau ini… kok kayak PS 2? *sound effect* Ya kalau bisa di masukin apa? Sound effect masukin nih dapat banget nih biru-biru tapi nggak ada kotak-kotak melayang yang…Bikin deg-degan sih. Kok kayak gini? Lucu sih. Woh!

Wih! Langsung… Kok ada Muhammad’s notebook?

Oh Ohya ya ke… sync langsung sama account lu bal. Kita tadi pakai account lu dan dia bisa langsung kasih liat. Ini ngomong-ngomong berisik banget jadi saya cut bentar buat… connect-in si laptop ini ke sini biar lebih gede aja soalnya kalau saya dekat lalu berisik kita pengennya taruh di samping dan lebih gede aja. Ya ini udah…

kita konekin ke monitor ultrawide yang saya langsung sadarin adalah wallpaper yang barunya. Ini lumayan iconic sih.

Saya udah lumayan sering lihat di beberapa thumbnail video YouTube orang dan ini sering banget muncul karena ini bakal jadi wallpaper bawaannya Windows 11 harusnya. Bagian kedua yang langsung sadarin dari Windows 11 yang baru ini dia nggak pakai sistem Lifestyle lagi yang kotak-kotak itu tapi… udah kayak HP. Dia cara.. Ngeset aplikasinya.

Cara mereka jejerin aplikasinya udah kayak HP Jadi ya serasa lambang Twitter ya gini aja. Nggak bukan bukan kayak kotak gede-gede lagi yang bisa kita resize, bisa kita resize? nggak bisa kita nggak bisa resize. Kita bisanya.

Move to top aja atau kalau kita mau geser harusnya bisa juga. Cuma saya sih pribadi lebih senang yang kotak-kotak gitu ya. Mungkin karena udah biasa kali. Kalau lu seneng kotak apa gimana?

kayak HP gitu. [KAMERAMEN] : suka yang baru aja [DAVID] : suka yang baru aja, lebih fresh aja ya [KAMERAMEN] : iya [DAVID] : soalnya kalau yang Windows 10 kan dia… aplikasi banyaknya dikiri, yang banyak yang kotak-kotak itu di kanan jadi bisa kelihatan semuanya.

Kalau ini kalau kita mau lihat all apps kita harus teken all apps dulu baru kita harus scroll-scroll lagi jadi ada satu klik tambahan dan buat saya mungkin kelihatan lebih rapi tapi… ya ada bagus nggaknya lah. Ini bisa kita scroll juga terus ini juga icon-iconnya baru semua lho.

Icon bawaan dari Microsoftnya contohnya file explorer, ada paint rasanya jadi lebih berwarna aja dan dia kayaknya lebih ngadep kedepan ya. Coba kalau gua nggak salah inget paint ini dia iconnya miring, agak miring hadap ke kiri terus yang Recycle Bin yang di sini juga.

Seingat gua agak miring deh. [KAMERAMEN] : 3D [DAVID] : iya 3D. Nggak bener-bener hadep depan pas foto tapi agak gaya buat… fotonya agak miring gitu. Tapi di icon-icon Windows 11 dia udah lebih lurus. Kayak di lurusin semua biar kelihatan simetris semua.

Ntah salah inget atau nggak. Coba kita matiin dulu ya ada yang beda nggak dari proses matiinnya. Ohya di sini juga dia taskbarnya langsung dihadapin ke tengah juga pokoknya bener-bener awalannya simetris banget. Harusnya kalau kita mau taruh di kiri atau dikanan atau di atas sini juga bisa ya karena Windows itu terkenal sama kustomisasinya tapi dari Microsoftnya sendiri dia minta kita langsung pokoknya awalnya harus simetris. Kalau dari matiinnya… sama-sama aja sih. Sleep, shut down, restart. Coba kita restart.

Ada animasi yang beda, sama. Buat sekarang harusnya. Semoga beda ya. Apakah ada animasi yang beda? ROG ya keluar ROG ohiya sini.

Jangan-jangan bakal keluar sini lagi. Harusnya langsung auto itu sih. Nah. Eh! Suaranya agak beda barusan. Serasa Google Home baru hidup lho. Dung dung dung. Ini…

ya ini nggak menarik sih ini biasa kita custom aja pakai wallpaper apaan. Kalau dari sini. Yah sama-sama aja. Nah disini yang saya bilang tadi lambang Windowsnya… juga udah rata banget. Bukan hadap kiri lagi tapi dia udah simetris 4 kotaknya sama sama gede. Kalau dari ini apa ya? Ini Oh!

Ini buat bikin new desktop, bikin new desktop. Ini shortcut kok bagus? Sering bikin. Windows T, Windows. Coba ya Windows T.[KAMERAMEN] : Windows, tab-tab [DAVID] : Windows tab. Ohiya! Nah kalau ini jadi shortcunya. Tapi Windows ada bikin eh Microsoft. Agak bingung sama ajalah Windows Microsoft ya Microsoft ada bikinin kita 1 tombol biar kita bisa secara manual.

Kalau ini Widget. Nah ini baru juga sih. Widget ini dan dia langsung update banget. Ada IHSG sekarang, Dollar, ada berita-berita, penyekatan di Suramadu, ya Timnas Inggris. Oh!

Lolos.

Okay. Ya ini berita-berita tapi ini saya ada liat di Windows 10 yang sekarang udah ada tapi dia bentuknya bukan widget. Dia bentuknya masih berita-berita doang di bagian kanan bawah. Kalau lu udah update Windows 10 dia ada kayak gituan.

Jadi sekitar 2 minggu lalu di Windows 10 dia memang ada laporan soal cuaca di bagian kanan bawah. Ini pasti keliatan banget buat anda yang sering pakai Windows kalau mau ngejam, ngecek wifi connect apa nggak. Pasti bakal ngeliat ada ginian. Ini lumayan berguna buat saya dan kalau kita over dia bakal ngasih kita liat widget-widget juga ternyata. Bukan kalau di saya di komputer saya masih berita doang sih. Kalau komputer studio ternyata udah kayak gini. Sama sih tapi di Windows 11 ada tombol khusus lagi.

Coba kita liat explorer. Woh! Ini ini mah ngingetin gua sama microsoft word ini yah mentang-mentang sama-sama kayak Microsoft dari warnanya nih.

Microsoft

Ini Microsoft Word, ini Microsoft Excel, ini Power Point, ini OneNote. Jadi secara nggak langsung Microsoft mungkin yah sekalian marketing di bawah alam bawah sadar kita ya.

Kalau kita Wah! Microsoft Word nih. Ini juga icon-iconnya berubah semua nih. Keliatan lebih clean nggak flat lagi tapi… yah perubahan visual yang menyenangkan sih kalau saya bilang. Ini lumayan mirip sama Windows 2 atau apa saya kurang tau juga. Ya ini ada saya baru mau pakai search tapi… saya langsung dibikin salfok oleh animasi kalau kita teken search. Ini kan kalau belom aktif kan item, kalau idup dia ada keluar kayak cahaya gitu. Ini juga kalau kita teken dia kayak Windowsnya berkilau. Kalau ini kita teken, nggak sih ini cuma ngedip kecil.

Kalau ini sama juga. Ini ini juga ada bedanya agak turun-turun dikit. Ini detail-detail kecil yang…mungkin bakal paling kerasa buat sekarang ya. Yang tadi juga dia suaranya beda. Kalau ini kan kita lagi tes volume biasanya “TRENGG TRENGG TRENGG” Kalau ini kayaknya lebih alus. *sound effect* Kalau lebih..

damai nggak sih? *sound effect* Yah ibaratnya kalau Windows 10 yang lama itu suaranya kayak alarm Iphone, kalau ini kayak alarmnya Android yang lebih bikin tenang.Disini juga kalau device disconnect anda pasti tau banget suaranya gimana TENENENG. Coba ya Wuih Ini kayak… Iya sih lumayan disconnect sih. Kalau ini RETRENGG. *sound effect* Ya. Agak kurang Berkarakter tadi.

*tertawa* Ntah karena lupa eh belum biasa atau gimana. Kalau on gimana? *sound effect* Oh! Bukan Windows start. Yang bikin saya seneng juga update ke Windows 11 juga ngasih update ke Windowsnya.

Sistem Windows yang jendela-jendela aplikasi kayak gini Kalau kita gedein. Wih! Alus. Woho! Kayak enak banget liatnya mulus banget.

Dia ada transisi jadi bukan langsung jebret gitu tapi kayak di gulung atau ditarik pelan-pelan rasanya alus aja. Kalau misalnya kita kecilin nah itu baru jebret sih kenapa kalau kecilin dia nggak ada animasinya ya? Kalau ini lumayan nge snap tep. Harusnya… harusnya nanti bakal ada dikecilin atau keliatan nggak asik ya kalau kita langsung turunin dan ada animasinya. Kalau kita gede kecilin gimana? Set! Ya ini ya ini sama sih biasa sih.

Fitur selanjutnya, kalau ini dia lumayan ngikutin Macbook, sistem di Mac OS. Jadi kalau kita over kesini kita bisa milih kita mau… jadiin Windowsnya di bagian mana.

Kita coba pilih di pojok kanan bawah. Woh! Langsung ke pojok kanan bawah. Kalau kita jadiin di tengah dia langsung sepertiga. Ini cakep sih.

Windows ada belajar dia nggak gengsi mentang-mentang dia yang nemuin kayak Windows gitu tapi kalau ada sistem lain yang kasih metode lebih bagus mereka tiru ya. Wuh! Asik sih. Walaupun saya ya ada sensasi juga kita… apa ngehantam Windows kebagian pojok tapi kalau misalnya mau presisi banget sistem tadi bagus banget. Ini juga kalau kita giniin dia ada…

efek yang lumayan alus juga si bayangan-bayangan transparan ini. Kalau Microsoft storenya masih jelek sih. Ini dibanding MAC OS jauh banget waktu nge review MAC OS rasanya Wah! Kok hebat ya bisa kayak Ipad, bisa bikin orang kayak pengen lama-lama di dalem terus belanja ngeluarin duit buat mereka. Kalau Microsoft.

ntah ya. Kalau saya disini rasanya ada tujuan mau nyari apa dan abis gitu kalau nggak ketemu ya langsung close aja, langsung nyari di browser.

Nggak ada kepikiran buat nyari di Microsoft Store buat aplikasi-aplikasinya.

Mungkin itu salah satu bagian yang harus dipermak banget oleh Windows 11. Yah sementara itu sih bagian-bagian yang bener-bener menarik yang bisa saya temuin dari Windows 11. Kalau dikasih kesimpulan kesan pertama dia ibarat Windows 11 yang di upgrade ke beberapa…

langkah langsung loncat gitu. Kalau misalnya Microsoft tetep bilang kalau ini Windows 10 yang udah di update kita juga kayaknya terima-terima aja soalnya sistemnya nggak sejauh itu bedanya misalnya dari XP ke Vista, Vista ke Seven, Seven ke Eight. Itu baru bisa bilang jauh banget tapi dari Windows 10 ke 11 nggak sejauh itu. Yah mungkin bisa dibilang Windows 10 Lite atau Pro Max ato apalah. Masih Windows 10 lah feeling-feeling nya tapi updatenya tetep bisa ngasih feeling yang lumayan baru lah.

Mulai dari icon, dari animasi, dari sistem… snapping Windows tadi terus, dari apalagi? Dari widget dan lain lain.

Ya itu lumayan ngasih kesan yang baru sih. Mungkin Microsoft nggak pengen… loncat jauh-jauh biar orang belajarnya nggak terkejut juga.

Karena males kan dulu SD belajar Windows XP dimana itu sampai apalin taskbar itu yang mana. Ya masih tapi tetep ada aja bagian yang diilangin jadi… harus belajar ulang dan itu lumayan berat.

Kalau ini Windows 10 udah puas banget sih pakainya.

Kalau Windows 11 mungkin makanya nggak di sejauh itu bedanya. Ya intinya Microsoft nggak berusaha benerin atau berusaha rombak semuanya karena Windows 10 aja udah bagus banget nggak benerin sesuatu yang nggak rusak lah. Jadi gitu aja dulu kesan pertama saya buat Windows 11 kalau menurut anda ini keren banget atau ya biasa aja malah nggak bagus mending Windows 10 aja, bisa komen dibawah. Like kalau suka dengan video ini.

Dislike kalau nggak suka. Dan kita ketemu lagi di video selanjutnya. Yow! Ini bisa sampai 10 tahun kedepan kali karena Windows 10 kemaren 2015 sampai 2025. Nah ini mungkin sampai 2030..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.