Lenovo Yoga Slim 7 Semurah murahnya laptop YOGA

Halo guys, Masim di sini dan ini adalah Lenovo Yoga Slim 7i! Apaa laagii ini!? Kayaknya channel ini udah lumayan sering ngebahas laptop Lenovo Yoga yang ada angka 7-nya ya. Waktu itu kita udah pernah ngebahas Lenovo Yoga Slim 7i Carbon, terus kita juga pernah ngebahas Yoga Slim 7i Pro, pernah juga ngebahas Yoga Slim 7 Carbon, di pasaran juga masih ada Yoga 7, Yoga 7i, Slim 7 Carbon… Banyak banget! Sampe bingung kali ya cara bedainnya. Tapi santai dulu.

Lenovo Yoga Slim 7

Yang kita bahas kali ini, Yoga Slim 7i, mudah diinget dan bakal jadi varian yang mungkin paling banyak dilirik ya, karena harganya paling murah dibanding Yoga 7 lain. Kalau Yoga 7 lain pada matok di atas 15 juta, bahkan ada yang sampai 20 juta, Kalau Slim 7i ini di bawah 15 juta juga udah dapet. Padahal kualitasnya nggak berasa jomplang dibanding yang di atasnya. Rasa premium khas Yoga-nya tuh tetep dapet gitu. Misalnya dari desain nih, Yoga Slim 7i ini tetep keliatan simpel minimalis aja pake warna abu abu gelap yang sedikit ada hijau hijaunya kalau diperhatiin, apa di mata saya aja?

Cuma ada tulisan Lenovo di pojok bawah, kecil aja, sama ada tulisan YOGA di bagian atas. Nama Yoga ini bonus point sih buat orang yang namanya Yoga juga, banyak komen yang bilang gitu kemarin-kemarin, serasa beli laptop dapat bonus ukir nama gitu.

Bobot

Bahan yang dipake buat bodi laptop ini juga nggak plastik plastik kan ya, mau varian paling murah, gengsi Yoga tetep dijaga pake bahan aluminium dari atas sampe bawah. Bagian yang pake plastik cuma di bezel layarnya ini aja. Dan sebagai laptop yang udah berani pake kata “Slim” di namanya, tentu aja Lenovo Yoga Slim 7i ini tipis ya, 15mm aja, dengan berat yang enak juga di 1.3KG. Chargernya juga termasuk enteng di 200an gram aja, ini chargernya sistemnya udah pake USB Type C ya, support Power Delivery juga. Jadi kalau ditotalin, berat paket laptop ini cuma 1.5KG aja.

Dan inget, laptop yang udah bisa dicas pake USB type C, nggak wajib pake charger bawaan.

Sekarang udah banyak banget charger HP type C yang bisa dipake buat cas laptop juga biar jadi sekalian gitu lebih efisien. Kalau mau ngecas, di sebelah kiri yang ada port USB type C-nya ini, yang deket LED indikator charging ya, port Type C nya ini juga udah bisa support Thunderbolt 4, jadi bisa konek ke external GPU, bisa konek ke monitor tambahan pake protokol diplay port pokoknya Thunderbolt mantab sih.

BACA :  Nyobain BOCORAN Windows 11 buat Pertama kali

Port Type C yang satu lagi juga sama-sama support Thunderbolt 4. terus selain Type C nya tadi, ada juga port HDMI 1.4b, dan audio combo jack.

Terus di kanan, ada tombol power dengan LED, 2 port USB type A 3.1 dan slot MicroSD. Pas kita buka layar laptopnya, yang pastinya bisa diangkat pake satu tangan aja, kita bakal nemuin display LCD 14 inci dengan resolusi Full HD 1080p, refresh ratenya di 60Hz aja dengan finishing antiglare Buat color gamutnya sendiri dia udah 100% sRGB, jadi warna-warnanya udah enak di mata lah, brightnessnya juga enak di 370 nits kalau kami ngetesnya. Layar yang enak lah buat kelas harganya. Di atas layarnya ini ada webcam 720p juga ya, ini sesuatu yang penting pastinya buat target pasar nih laptop yang bakal sering meeting.

Buat kualitas webcamnya ini standar aja sih, Hmm, seperti yang biasa kita lihat di laptop-laptop pada umumnya, gak ada yang spesial kayak detailnya, ya nggak terlalu detail, ini 720p, terus warnanya oke, tapi minimal ini nggak noise ya. Selain bisa dipake buat video call, webcam dari Lenovo Yoga Slim 7i ini juga udah support fitur-fitur pinter khas Yoga , kayak Zero Touch Login, yang bikin kita bisa lebih cepet buat login ke komputer, itu fitur kombinasi sama Windows Hello.

Terus ada Flip to Boot juga, biar komputernya bisa langsung hidup pas kita buka layar, jadi nggak usah nyari tombol power lagi. Ada juga Zero Touch Lock biar layarnya bisa redupin layar dan ngunci komputernya pas yang punya lagi nggak di depan layar. Biar lebih hemat daya sama aman juga pastinya.

Keyboard

Keyboardnya sendiri punya ukuran 75% yang warnanya serasi sama body, abu-abu gitu dengan backlit putih 3 level. Feel ngetiknya khas keyboard Lenovo banget yang tactile, empuk dan nggak berisik juga. Touchpad juga pastinya responsif dengan posisi center to body. Speakernya juga enak ya, udah stereo dengan Dolby Atmos, suaranya jernih, bassnya lumayan berasa, separasi kanan kirinya juga jelas. Nah, sekarang, bagian mesinnya.

BACA :  Laptop Lokal Axioo bisa punya spek sebagus ini

Laptop ini ini menarik karena udah lolos sertifikasi Intel EVO yang menariknya tuh, dia lolosnya dengan batas yang agak minimal. Ibaratnya kayak lolos tes CPNS Jakarta yang kuotanya anggep aja 50 orang, laptop ini rangkingnya 45, atau tes masuk kedokteran UI kuotanya 20 orang, laptop ini rangkingnya 18.

Walaupun batasnya memang kayak agak mepet sih, tapi bisa lolos aja itu udah luar biasa. Apalagi inget, harga buat laptop ini termasuk miring buat dapetin Intel EVO. Buat yang belum tau Intel EVO itu apaan, waktu itu kita udah pernah bahas lumayan detil pas ngebahas Yoga Slim 7i Carbon.

Intinya, kalau sebuah laptop udah ada label Intel EVOnya, bisa dibilang tuh laptop bakal bebas pusing lah. Udah pake minimal Core i5 yang Gen 11, storage-nya minimal 256GB, dan harus yang versi kenceng punya, SSDnya, storagenya, RAMnya minimal 8 GB dual channel, sleep to wake harus kurang dari 1 detik, batere awet minimal 9 jam, dan lain lain.

Yoga Slim 7i ini juga gitu. Buat processornya dia pake Intel Core i5-1135G7 4 core 8 thread, dengan GPU intergrated Intel Iris Xe. RAMnya dia pake 8GB dual channel, udah sesuai syarat EVO, tapi ya itu saya bilang agak mepet karena sayangnya bagian RAM ini kita nggak bisa upgrade lagi, udah kesolder soalnya.

Jadi gak bisa cabut pasang. Buat saya itu bagian yang bisa bikin orang jadi ga minat sih, apalagi yang doyan buka browser tab banyak-banyak, jalanin banyak aplikasi, 8GB ya ga bisa diupgrade sih jadi kayak agak mepet gitu tapi buat SSDnya sendiri dia malah gila banget speednya. Udah pake SSD NVMe PCI Gen 4 dari Samsung, kapasitasnya 512GB, kecepatan bacanya di 6600 MB/detik, dan tulis di 4600 MB/detik. Gen 4 memang beda sih pantes bootnya kenceng banget. Kalau mau di upgrade, masih ada 1 slot M.2 kosong juga tapi ini ukurannya agak lebih kecil ya, fisiknya ini di 2242 ukurannya. Buat performanya sendiri, kalau kita benchmark, angkanya nggak beda jauh dari Intel Core i5-1135G7 yang lain ya, buat Cinebench R23 dapetnya di 5900an multicore, sama single core 1300an.

BACA :  Laptop 3 JUTAAN! Laptop bekas yang terjual ribuan unit di toko online

Buat main game yang enteng- enteng masih bisa kayak Valorant, Intel Iris Xe nya masih narik dibantu RAM dual channel. Tapi tentu aja settingnya harus low ya, sama buat main Genshin, fpsnya bisa dapet di 60 sekali-sekali turun ke 50 kalau settingannya lowest. Kalau udah kita naikin Low, itu udah naik jatuhnya fpsnya bakal langsung turun ke 30-40.

Jadi yah kita nyadar dirilah kayak buat game berat juga Shadow of the Tomb Raider itu nggak usah dipikirin sih, lowest 720p aja dapetnya 34 aja. Nah, buat daya tahan baterainya, laptop ini juga udah aman karena udah lolos Intel EVO tadi, pas kami tes muter video Youtube di Microsoft Edge brightness 50%, dia bisa tahan sampe 12 setengah jam, sedap. Kesimpulan saya buat Lenovo Yoga Slim 7i, laptop ini jelas cocoknya buat anda yang mobilitasnya tinggi ya, tiap hari nenteng laptop di tas, pindah-pindahin mulu dari rumah-kantor-kafe, kemana.

Soalnya dia punya bentuk tipis, enteng, baterenya nyaman, dipake seharian tanpa pake charger. Performanya juga mantep udah lolos Intel EVO, snappy lah, mau sekali sekali main game juga oke.

Asal nggak disiksa game berat sih, atau aplikasi yang butuh tenaga gede juga bakal agak keteteran. Buat harganya sendiri, ada 2 pilihan ya. ada yang 13.999 juta atau 14 juta, dapet garansi 2 tahun Premium Care sama 2 tahun Accidental Damage Protection, yang bakal ngecover kerusakan laptopnya gratis, bahkan karena kesalahan pengguna juga ditanggung, asal nggak berulang-ulang aja. Sama ada yang 14.199 selisih 200 nambah, itu garansinya 3 tahun premium care sama 2 tahun accidental damage protection. Jadi nambah duit kayak buat extend garansi setahun lah. Di dalem laptop ini juga udah dapet Microsoft Office Home & Student 2021 yang asli dan berlaku seumur hidup, lumayan! Demikian Review GadgetIn buat Lenovo Yoga Slim 7i. Like kalau anda suka dengan video ini, dislike kalau nggak suka, dan kita ketemu lagi di video selanjutnya.

Yo! Closed Caption by @subbox.id Kalau udah premium mah…

Mau yang paling basic udah premium juga..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.