Laptop 3 JUTAAN! Laptop bekas yang terjual ribuan unit di toko online

Halo guys, Masim disini dan saya baru aja beli sebuah laptop bekas yang populer banget kalau dilihat dari jumlah terjualnya. 1500 lebih dari 1 toko. Ya kalau ada 1 toko yang kita jual 1 SKU laptop yang jenisnya 1 aja lebih dari 1500 piece. Itu toko hebat sih atau barangnya yang memang bagus banget dan sepengalaman saya selama ngereview barang-barang kadang saya tinggal lihat di toko itu jumlah barang yang terjual berapa kalau memang banyak banget biasanya barangnya udah auto bagus. Saya nggak usah coba ekspektasi saya udah tinggi dan benar barangnya memang bagus karena orang udah tahu duluan.

Kayak warung makan mungkin ya, kalau misal banyak yang ngantri tempatnya rame, banyak mobil parkir itu udah pasti auto enak. Nah pas saya ngelihat lapaknya sendiri Saya nemuin alasan kenapa laptop ini rame banget. seri laptopnya tuh Thinkpad, seri laptop terbaik dari Lenovo yang high end, yang flagship, yang udah legendaris banget. mau dari desainnya, durability nya, feel ngetiknya legendaris terus mesinnya bagus dan lain-lain, jadi ya bisa dibilang Nggak ada yang lebih tinggi lagi lah, terus kalau dilihat harga sekarang sih Thinkpad itu rata-rata 25 juta ke atas ya ini harganya 3,7 juta. Ya walaupun memang ini barang yang lama banget si, jadi wajar aja sampai diskonnya sampai 85%.

Laptop 3 JUTAAN

Divideo ini kita bakal unboxing terus saya pengen coba nilai sendiri apakah sesuai sama jumlah lakunya dan mungkin anda bisa dapetin manfaat jadi tahu laptopnya bagus atau nggak kalau misalnya anda lagi nyari barang murah mungkin bisa jadi alternatif. Cuma itu masih mungkin diawal video ini saya belum bisa kasih jaminan. Ya itu salah satu cara dapetin barang murah. Barang second itu alternatif bagus. Atau kalau mau cara lain buat dapetin barang murah ya belanjanya di Tokopedia pas lagi WIB, Waktu Indonesia Belanja.

Kayak sekarang sampai akhir bulan nanti ada diskon hingga 90% dan bebas ongkir minimal transaks 10 ribu khusus buat kita-kita. Cuma sampai akhir bulan doang, jadi langsung cus aja ke Tokopedia lihat link di deskripsi habis video ini. Sekarang kita coba buka dulu. Ini packagingnya memang kerasa apa adanya banget ya. Soalnya kita nggak dapetin kardus terus Kevin tadi bilang mungkin isinya itu ada tasnya tapi saya kayak nggak yakin karena setelah saya pegang-pegang kayaknya agak tipis gitu plastiknya.

Lenovo Thinkpad

Jadi mungkin cuma dibungkus bubble wrap dong biar nggak rusak pas diantar. Kelihatannya masih bagus banget sih kalau dilihat dari luar ya. Bodinya masih kelihatan mulus kalau keterangan di lapaknya sendiri dia masih mulus 95%. Seperti biasa kalau jualan barang second pasti ngomongnya kayak gitu, terus kabelnya nggak tahu ini chargernya bisa bilang ori atau nggak, tapi ada tulisan Lenovo tapi ada segel dari tokonya. Terus ini chargernya jadul banget sih, masih bentuk yang bulet gede, saya saya kayak nggak pernah lihat gitu ada laptopnya yang chargernya kayak gini kayak generasinya udah beda aja gitu.

Dan colokannya beginian. Ori nggak sih? Kayak bukan ori gitu loh. Sekarang kita coba lihat desain atau kondisi fisik dari si Lenovo Thinkpad ini dulu. Ini serinya yang T 430 ya.

Ini edisi 2012 punya, jadi kalau misalnya kelihatan lumayan jadul ya memang sih, dari tebelnya langsung kelihatan. Kalau ini ya laptop yang lama banget dulu laptop-laptop pas baru awal muncul itu memang setebel ini. Saya inget Toshiba juga dulu portege apa itu setebel ini juga. Dan beratnya juga lumayan ini 2,6 kg, jadi sama sekali tidak memenuhi standar buat laptop kantoran zaman sekarang.

Kalau sekarang kan buat sekolah, buat kantor itu paling 1,5 kg 1,8 kg paling berat nya itu udah termasuk berat banget.

2 kg itu udah masuk ke ranahnya laptop gaming sih kayak Legion, Asus ROG. Atau MSI gitu-gitu. Ini kalau orang disuruh nebak beratnya ini bakal dibilang laptop gaming sih. Terus dibagian sini ada kayak logo Thinkpad yang kayak tempelan gitu, tapi saya rasa ini ori ya karena dia masuk banget sama si bodynya ini dia rata jadi nggak timbul si stikernya dan udah terkelupas. kayak gini, jadi belum dicetak oleh Lenovo langsung.

Kalau sekarang udah dicetak dan bahkan merahnya bisa hidup, kalau di sini harusnya belum ya. Terus disini ada logo Lenovo masih lumayan kinclong disebelah kiri sini ada heat sink yang kalau kita kalau lihat warna kayak tembaga-tembaga nya gini. Ini jelas udah dekil banget sih, udah 10 tahun wajar. Terus ini ada port VGA colokan VGA jaman sekarang laptop nggak ada lagi yang punya colokkan kayak gini kalau misalnya pengen masih anda pakai pakai proyektor yang colokannya gini ya harus pakai adapter.

Terus ada combo jack, ada mini display port dan ada USB 3.0 2 biji, ini sesuatu yang luar biasa sih di tahun 2012. Karena ya waktu itu USB 3.0 kayak jadi idola lah kenceng banget, kalau USB pokoknya colok ke sana harus dan Lenovo Thinkpad sebagai laptop yang mahal udah wajar punya kayak gituan. Terus di bagian belakang ada aliran udara lagi, di sini ada port power ada ethernet RJ45 dan USB 2.0 kah ini?

Terus di sebelah kanannya ada port USB type E lagi, kensington lock ini express card saya nggak tahu ini gunanya buat apa. Pas saya baca pun saya nggak ngerti dan ada DVD reader atau CD reader tempat ngeburn tempat, ngebaca CD-CD tempat nonton film semuanya dulu pakai CD sekarang nggak perlu sekarang pakai internet lah. Disini ada Wow ini ada tempat SD card loh dan di bagian depannya ini kayak ada cetekan gitu ya kalau saya tebak sih ini harusnya buat ngebuka layar. Saya masih nebak karena belum pasti soalnya laptop jaman sekarang kan belum punya tapi coba kita buka tanpa nggak bisa sih, berarti memang harus dicetek terus kita buka.

Perlu nggak ya?

Orang dulu mungkin nganggepnya ini kayak canggih banget bisa dibuka tapi jaman sekarang mah ngeribetin. Ini… lumayan ngingetin saya sama bau mobil sih.

Ini Kevin ahli aroma distudio ini. [DAVID] : bau apa ini? [KEVIN] : bau mesin ini [DAVID] : bau mesin? [KEVIN] : bau mesin [DAVID] : ya ya ya tapi bukan mesin yang apek atau gitu kan? Mesin yang kayak bagus gitu lah.

Ya Eh! Wah! Krupuk. Ya ini kesannya mirip kayak laptop yang saya punya dulu terus saya masukin gudang terus pas saya lagi bongkar gudang pengen pindahan ketemu lagi laptop kayak ginian dan saya bahas. Tapi nggak ini laptop second dari gudang orang lain.

Jadi ya ini bezel nya sih nggak kelihatan-kelihatan tebel-tebel banget sih. Saya masih pernah ngeliat laptop jaman sekarang yang bezelnya masih setebel ini. Ada webcam terus disini anda harus pastiin buat ngelap- ngelapin si laptopnya dulu karena di bagian pojokan kayak gini kayak masih ada debu-debu yang udah ngumpul gitu disini ada serinya.

Ini bahkan speakernya udah di bagian depan mantep banget ala Thinkpad atau ala Thinkpad kayak gituan sih. Jarang bahas Thinkpad sih.

Terus disini masih Windows 7 di dalamnya entah udah di upgrade atau belum dan core i5 V Pro disini ada Thinkpad lagi terus layout nya masih sama kayak Thinkpad-Thinkpad jaman sekarang bahkan termasuk tombol mousenya yang ada di bagian atas maksudnya trackpad. Dibagian belakang sini ada tempat baterai. Nah kalau ini saya masih familiar soalnya laptop pertama saya Acer apa gitu baterainya juga masih bisa dicabut pasang. Dulu sih tipsnya ya baterai ya tetep colok aja terus listriknya di colokin aja biar laptopnya paling aman.

Tapi sekali lagi entah ini part asli atau bukan karena ada tempelan-tempelan kayak gini jadi saya nggak bisa jamin.

Baterai

Ini 57 Watt Hour cuma penjualnya bilang dia di klaim ya standby 2 jam aja lah, jadi pastiin buat dicolok terus. Ini kalau baterai nya kita lepasin buat hemat bobot terus kita apa colokin pakai power aja bisa hidup kok, jadi aman. Nggak bisa di lock loh. Ini kayak udah dol gitu udah los nggak bisa dipakai, tadi saya mau longgarin agak susah mau saya lockin juga ya harus lumayan dipaksa. Disini saya tadi udah coba nyopot-nyopotin si laptop tapi akhirnya stop sampai disini karena saya nggak berani nyopot lebih jauh lagi.

Prosesor

Tadi saya ada lihat tutorial di Youtube sampai ngebongkar keyboard terus di bawahnya harus dibongkar lagi buat nyampe ke kipas dan prosesor-prosesornya, cuma ya itu udah lah yang penting saya udah nyampe ke tahap bisa ganti RAM, jadi RAM di sini bisa di upgrade biar DDR3 masih dan ada slot M.2 sata atau M.2 biar M.2 sata sih ini buat kasih SSD dan di paket yang saya beli sih dia udah termasuk SSD ya, jadi ada dapat SSD 160 plus HDD 320.

Sekarang kita langsung coba hidupin aja komputernya atau si laptopnya.

Ini sebenarnya buka ini gampang sih dia ada 1 pintu doang udah buka langsung bisa akses ke sini. Sejauh ini sih nggak ada masalah yang berarti ya sama si Thinkpad T430 ini. Soalnya kalau inget sama harganya sekali lagi dan Intel core i5 yang pas saya cari tuh masih lebih kenceng daripada Celeron jaman sekarang. Ini adalah bagian yang di tunggu-tunggu mesinnya orang ngelurin duit buat laptop ini bukan buat cari desainnya bukan buat cari modelnya yang bagus banget masih hidup tapi demi mesinnya tapi demi mesinnya yang harusnya masih bagus, semoga ini.

Nah Woh!

Windows 10. Lumayan dipikirin oleh si penjualnya atau jangan-jangan ini Windows 8 lagi soalnya sama kan. Ini windows berapa? Windows 10 dong Wow! Oke brightness nya semoga cukup terang buat studio ini kalau misalnya dia kelihatan cukup terang berarti sekitar 300 nits lah.

Kalau buat standar studio ini, ini bentar brightnessnya dimana nih? Agak anti mainstream sih Oh ini! F9. Wah nggak terang sih ini. Ini… agak kurang menarik engselnya bisa sampai 180 derajat. Ohiya kita belum tes ya dia bisa pakai 1 jari atau nggak. Yah nggak bisa.

Ini pas dicolok sih dia layarnya jadi sedikit lebih terang tapi tetep nggak seterang itu dan ini brightnessnya udah maksimalin itu jadi 1 catetan.

Coba ini kan dia udah pakai SSD nih coba kita lihat wah trackpadnya kayak ada tekstur-tekstur titik-titik gitu ya. Saya nggak pernah dapetin trackpad kayak ginian mungkin jaman dulu dianggap kayak keren gitu smooth atau terkendali tapi ini kurang. Dia udah dapetin SSD 118 GB sama ini HDD 297 GB. Kalau buat harga 3,6 juta bisa dapetin kayak gitu udah mantep.

Sekarang saya pengen install- install dulu nanti kita lihat kayak gimana performanya termasuk SSD. Disini di cinebench R20 dia dapetin 397 poin. Alias lebih kenceng 25% daripada Intel Celeron jaman sekarang yang N4020 yang misalnya ada di laptop Asus kemarin 6 juta terus yang Axioo 4 jutaan. ini masih lebih kenceng daripada 2 laptop yang udah murah itu. ya cuma ini second sekali lagi dan ini i5 yang udah 10 tahun umurnya.

Cuma dia masih oke banget buat ukuran harga kayak gini ya. Terus tadi saya ada cek juga kecepatan SSD nya M.2 SATA ya nggak kenceng-kenceng banget, tapi ini jelas lebih kenceng daripada HDD. Jadi ini sudah oke. Tadi selama saya menginstall-nginstall juga buka Google Chrome terus buka aplikasi yang lain copy data laptop ini kenceng buat apa buat harga sekali lagi ya patokannya pasti selalu 3,7 juta ya.

Ya ini coba misalnya kita buka si Youtube, enter. Wah cepet dong terus ya ini internetnya sih yang cepet ini dia udah support yang 5 GB juga jadi koneksi Wifi kami router kami yang paling kenceng dia bisa nangkep juga udah itu hebat. Nih ini loadingnya kok lagi nggak cepet? Yah tadi cepet sih ini scrollingnya ngebut loh. Set!

Udah dukung multi susah posisi kayak gini gesture multi touch bisa. Ya sini dia scrollingnya juga mulus set set. mantep sih saya agak kurang expect kalau laptopnya bisa selancar ini, jadi kalau buat main game jelas nggak bisa buat ngerender 3D cad itu nggak bisa pasti jadi jangan ngarep bisa kayak gitu tapi buat ngetik-ngetik kerjaan kantor kerjaan admin ini oke banget.

Ini layarnya HD sih dan kualitasnya sih kayak TN tapi sebenarnya dia FPS. Tapi kualitas warnanya nggak sebagus FPS jaman sekarang ini FPS 10 tahun lalu kualitasnya kayak TN jaman sekarang.

Tapi view angle nya masih enak. Misalnya kalau dilihat dari sini gambarnya masih kelihatan kalau TN biasanya udah gelap-gelap gitu. Ohiya 1 lagi ini bagian yang lumayan unik dari Thinkpad dan cuma ada di Thinkpad itu si pentil ini, si merah- merah si nipple ini, jadi dia bisa kita pakai buat Eh! Yah lepas ini kayak agak sobek yah agak sobek dikit dia. Ya mana ini bukan kayak pentil tabung gas yang tinggal minta ke mbak-mbak yang jual gitu kan.

Ini kalau udah robek kalau kita gerak-gerak dikit langsung lepas ini. Ya jadi resiko barang second dan saya harus ingetin second yang saya pegang walaupun dari toko yang sama belum tentu kualitasnya sama ya. Mungkin anda bisa dapet lebih bagus mungkin anda bisa dapet lebih jelek dari saya mungkin sama aja karena namanya barang second barang bekas itu nggak ada jaminan kalau kualitasnya terjaga ya itu justru tembok paling gede yang harus anda pikirin.

Ini tombol volumenya dia ada tombol fisik. kalau mute juga ada tombol fisik woh keren ya ada tombol fisik jadi kayak tombol keluar gitu yang kalau ditekan dia bakal keluar LED warna merahnya kalau kita matiin dia hidup lagi.

Terus ada mute mikrofon juga dan ini apa ini? Agak kurang ya walaupun nggak cempreng terus bass nya oke lah detail nggak sih. Ini laptop-laptop mid range lah paling mahal dan kalau ada di laptop murah saya nggak heran.

Cuma lumayan berisi walaupun volumenya nggak kenceng. Iya loh dari 2 ini loh keluarnya.

Ini RAMnya udah dapet 8GB terus… ya prosesornya i5 3320M dan lain-lain kalau buat grafik ya nggak usah harepin lah intel soalnya. Wow!

ini keyboardnya Thinkpad banget sih. Masih enak banget walaupun udah umurnya 10 tahun ya, saya kirain di bagian dalemnya kayak karet karetnya itu udah agak los udah agak kendor, jadi pas diteken itu agak nyangkut atau agak lembek. Tapi ternyata di Thinkpad bekas ini masih sangat enak buat dipakai ngetik laptop belasan juta atau laptop yang dibawah itu kalah bukan kualitas Thinkpad ini Thinkpad masih sejati banget sih kualitas nya. Memuaskan lah kalau misalnya anda memang lagi nyari laptop murah sekedar buat ngetik buat skripsi atau buat apa ini bisa saya rekomenin sih keyboardnya dan performanya. Kesimpulan saya buat Thinkpad T430 second ini saya lumayan ngerti kenapa laptop ini bener-bener laku sampai kejual 1500 unit.

Karena memang jaman sekarang 3,7 juta itu dapet laptop nya yang semaunya masih meragukan lah. Kemaren kita memang pernah bahas Axioo yang kualitasnya layarnya tuh super duper bagus tapi prosesornya Celeron dan komen banyak yang bilang kalau Axioo itu build quality nya meragukan kayak daya tahannya itu kadang ada yang bilang bagus ada yang bilang nggak.

Cuma Thinkpad ini umurnya udah 10 tahun dan saya nggak ngelihat dia bakal rusak dalam waktu dekat gitu mungkin 2 3 tahun dia masih bisa banget. Dan kualitas-kualitas khasnya mulai dari keyboardnya yang mantep terus touchpadnya yang oke layarnya yang memang kualitas 2010 tapi masih tetep tajem. Mesinnya yang masih oke bahkan lebih oke daripada 5 jutaan jaman sekarang.

Wajar sih kalau anda bisa tutup mata sama aromanya yang memang kayak dari gudang terus penampilannya ini tinggal di poles-poles dikit doang.

Dikasih desinfektan semprotan yang netral gitu. Terus ya bisa ya nggak sih anda kalau bisa tahan sama layarnya kayak ginian laptop 4 juta layarnya kayak ginian semua kok. Jadi apakah saya bisa ngerekomenin laptop ini? Bisa.

Cuma anda harus nyadar kalau laptop second tetep laptop second nggak ada yang bisa ngejamin. Dan kalau misalnya minggu depan tiba-tiba mati itu juga nggak ada jaminan. Kalau misalnya ada yang bisa ngejamin ini masih hidup 2 3 tahun lagi saya bisa nge rekomenin laptop ini dan kalau misalnya udah ada rejeki lebih lagi misalnya udah punya tabungan 6 7 juta. Ya tentu aja lebih baik beli laptop baru atau beli laptop second lagi. Tapi yang generasi yang lebih baru karena teknologinya jauh lebih oke layarnya juga lebih oke.

Ya laptop second sama sekali nggak masalah kok kayak contohnya kayak si laptop ini. Demikian review nyobain Thinkpad bekas yang populer banget Thinkpad T430 dari Gadgetin. Like kalau anda suka dengan video ini dislike kalau nggak suka dan kita ketemu lagi di video selanjutnya.

Yow! Oh iya satu lagi kalau misalnya anda pakai laptop ini dan pede aja nongkrong di cafe orang bakal lihat anda sebagai kayak suhu gitu kali ya.

Kayak woh udah gila laptopnya Thinkpad lama gitu orang kaya lama ini. Padahal belinya bekas aja ya ya ya ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.