Laptop Lokal Axioo bisa punya spek sebagus ini

Halo guys, Masim di sini, dan di depan saya udah ada laptop dari brand lokal, Axioo, yang harganya di bawah 5 juta, tapi spek yang dikasih… Bisa dibilang… Nggak waras sih… nggak masuk akal banget. sampe pas saya ditawarin orang Axioo buat ngebahas nih laptop, saya pastiin dulu ke mbaknya. “Saya nggak salah baca nih mbak?” “Nggak salah ketik kan, kalau Axioo MyBook 14F, harganya di bawah 5 juta, dan punya layar yang resolusinya 2.5K? 2560×1600 pixel alias tajem parah?” Gampangnya…

Dia jawab iya. Bener kayak gitu. Terus saya bener-bener pastiin sekali lagi. “Yakin mbak? Bisa pastiin dulu ke orang teknisnya?

Atau ada salah info kali?” “Atau harganya yang salah?” Katanya udah confirm. Jadi datanglah nih laptop, dan memang bener. Layarnya punya resolusi 2.5K, dengan harga 4.899 juta, dapat RAM 8GB lagi… ditambah SSD 512GB lagi.

Laptop Lokal Axioo

Whoo! Kalau anda pengen peres banget budget anda, ada juga varian RAM 4GB dan internal 128GB, itu harganya 3.899 juta, dan masih bakal dapetin jenis layar yang sama.

Damn. Buat yang belum tau kenapa saya sesemangat ini sama laptop kayak ginian, karena zaman sekarang agak susah mau nyari laptop yang harganya di bawah 5 juta.

Kalaupun ada, kebanyakan pada neken spek abis-abisan, mulai dari mesinnya, desainnya, dan tentu aja layarnya, 720p, anel TN , viewing angle-nya berantakan, Bener bener yang penting asal ada laptop aja kalau udah harga segitu. Jangan ngarep banyak. Tahun lalu saya sempet beli laptop murah dari Asus ini, ini harganya sekitar 4 juta kalau nggak salah, Ceritanya sih pengen bahas soal laptop murah. Tapi pas udah saya tes bentar, saya malah males sendiri karena kualitasnya… ya asal ada aja… Merek lain juga kayak gitu.

Jadi Axioo MyBook 14F ini kayak ngasih angin seger lah. Bagian displaynya diseriusin banget. Saya suka. Apalagi saya ini tipe orang yang sangat mentingin layar di laptop ya, atau di HP juga, TV, pokoknya layar itu penting.

Karena 90% lebih kerjaan kita di laptop, ya pasti ada interaksi sama layar.

Kita liatin terus. Mau nonton, ngetik di word, ngoding, bikin spreadsheet, baca artikel, browsing, chatting, ngapain aja kecuali dengerin lagu, layar si laptop selalu kontakan sama kita. Dan semakin tajem layar laptopnya, mata kita juga bakal lebih hepi. Nah, pertanyaan selanjutnya nih, Karena awalnya saya masih remehin, nggak berani mimpi terlalu banyak, awalnya saya kayak agak ngeri-ngeri sedap gitu ya sama akurasi warnanya. Orang Axioo nggak ngasih spek lengkapnya.

BACA :  5 JEBAKAN YANG SERING ADA DI LAPTOP GAMING MURAH

Jadi saya langsung flashback ke laptop-laptop gaming yang layarnya Full HD tapi warnanya kusem. Seringkan ada laptop belasan juta kayak gitu yang gaming, 60an% sRGB aja. Laptop gaming yang harganya belasan juta.

Apalagi laptop 4 jutaan. Tapi ternyata, pas saya tes pake alat buat kalibrasi monitor, Spyder Elite, color gamutnya bisa kena di 99% sRGB.

100% lah, ini luar biasa sih. Udah serasa laptop 10 jutaan. Viewing anglenya bagus, diliat dari berbagai sudut juga tetep enak. Brightness oke, di 317 nits, dia udah antiglare juga, bezelnya lumayan tipis, dan jenis panelnya IPS, dan ukuran layarnya 13.3 inci ya.

saya nggak nemu ada cela di layar MyBook 14F ini sih. biasanya bagian layar itu jadi anak tiri banget di dunia laptop, apalagi yang budget, nggak prioritas banget. mending mesin dulu, storage dulu, atau yang lain-lain dulu kecuali layarnya. Tapi di laptop ini malah jadi anak emas. Makanya dari awal saya kayak nggak percaya lah, sebelum lihat sendiri.

Ya jadi misalnya kalau saya tutupin laptop ini pakai kain hitam, nggak tunjukin merek, desain, atau apa, cuma bolongin bagian layarnya doang, terus kasih orang lihat, terus suruh nebak harganya, mungkin banyak yang nebak harga panel ini dari laptop yang 10 jutaan. Intinya kesimpulannya sebagus itu sih. Satu-satunya bagian yang saya agak aneh, entah kenapa nih laptop nggak punya shortcut keyboard buat ngatur brightness. Teken FN + apa gitu kan.

Nggak ada disini.

Setting kecerahan

Jadi kita harus masuk ke setting, terus slide sendiri kecerahannya. Ini agak ngerepotin sih… Spek lain dari laptop ini sendiri, buat harga 4.

9 juta, juga nggak malu-maluin ya, saya kirain dia bener-bener habisin aja ke layarnya semua. Terus yang lain ya dihilangin… Tapi ternyata masih oke.

Cuma kita harus ingat sama harganya ya. Pas kita buka bagian belakangnya ini aja, dia kerasa lumayan kopong. Banyak bagian yang kosong. Minimalis banget. Sopannya kayak gitu, minimalis.

RAM punya kapasitas 8GB, termasuk gede buat harga segini, tapi RAMnya udah kesolder dan kita nggak dikasih slot buat upgrade lagi.

Terus SSD 512GB! Gede sih, tapi ya harus nyadar nggak mungkin bagus-bagus banget, ini tipenya masih SATA yang speednya 200-an MB/s aja. Jangan ketinggian mimpi mau dapet yang M.2 ya itu kacau sih… Ini udah oke banget, lebih dari laptop sekelas yang biasanya tuh ngasih kita HDD aja. Kalau buat processornya, baru, sesuai sama harganya, kayak laptop lain. Karena Axioo MyBook ini pake processor Intel yang kelasnya paling bawah.

Intel Celeron N4020 Dual Core 2 thread

Ni processor yang performanya nggak bisa banyak kita harapin ya. Buat browsing aja itu lancar, nonton, buka tutup software yang enteng, ngetik, pokoknya yang nggak banyak prosesnya semuanya aman. Palingan kadang kadang ada beberapa momen laptopnya ngelag dikit, sesuai itu buat harga kayak gini, Yang nggak wajar kalau misalnya kita mau buka yang macem-macem misalnya saya ada ngetes Valorant, ngebuka aja dia nggak mau. Karena ya nggak sanggup.

BACA :  Nyoba Laptop Rp6 juta yang WORTH IT dari Asus - E410MA BV456FHD

Terus saya juga ada tes Photosshop, dia juga lemot. Bagian yang juga bakal nunjukin kalau MyBook 14F ini kerasa kayak laptop murah, ada di bagian dalemnya yang mungkin nggak terlalu diperhatiin ya, hematnya di bagian sana. Misalnya Bluetooth-nya masih Bluetooth 4, terus modul wi-finya Wi-Fi 4 yang N, yang speednya cukup bener-bener basic juga, maksimal di 450Mbps. Itu ngebut sih..

. Tapi nggak sampai yang AX atau Wi-Fi 6, ya jelas nggak kayak gitu. Terus, kualitas speakernya juga buat saya ga ada tenaganya. Kalau saya setel lagu di 50%, laptopnya kayak masih malu-malu gitu nyanyinya. Ternyata pas saya paksa gedein suara sampe 100%, suaranya tuh, speakernya tuh cempreng, makanya mungkin laptopnya ya kecil aja.

Kalau digedein ya baru ketahuan. Buat kualitas perekamannya sendiiri, ini di 720p, Walaupun dia fotonya bisa sampai 1,9MP tapi… perekamannya di 720p aja.

Ini kualitasnya nggak bisa dibilang bagus ya, tapi… Saya nggak bisa protes-protes banget karena masih ada… masih banyak malah laptop mahal yang kameranya kurang bagus. Soal build quality pun ada beberapa bagian yang nunjukin kalau ini laptop murah. Bahannya dari plastik semua, yang pertama-tama. Nggak kerasa solid laptop ini, dengan finishiong ala-ala metal ya.

Tapi ini mirip juga sama laptop budget lain. Cuma yang saya pengen kasih catatan ke Axioo soal finishing laptopnya itu agak bikin ngelirik agak detail sih, ada yang aneh gitu.

Misalnya di bagian atas keyboard, entah kenapa kayak ada permukaan yang kayak ada benjol kecil gitu, entah ini sengaja atu nggak. tapi kurang enak diliat aja, attention to detilnya nggak maksimal. Itu catatan lah.

Feel ngetik di keyboar laptop ini enak, travel distancenya tinggi, erasa lumayan mantep, trackpadnya gede, diklik juga enak, tapi ada catatan juga yang harus saya ceritain. Pas saya lagi pake, pernah ada momen dimana trackpadnya ini kerasa agak ngaco gitu. Dia ngeklik-ngeklik sendiri, dan pas saya geser sedikit, cursornya loncat. Semoga itu cuma masalah bug atau sekali doang ya, karena saya cuma sekali itu doang, terus pas saya restart, dia normal lagi. Buat portnya sendiri dia lumayan lengkap.

BACA :  Mari kita sambut Infinix di dunia laptop! Best deal banget

Di sebelah kanan ada USB type A, audio jack, microSD card slot, dan di kiri ada port charger, USB A 3.0, dan Mini HDMI. Bukan yang full size ya. Di laptop ini nggak ada USB Type-C atau Ethernet, jadi..

Kalau misalnya kita butuh, harus beli adapter lagi. Oh iya, satu lagi ngomong-ngomong soal port, kepala charger nih laptop…

Berasa kayak colokan TV atau router atau apa gitu ya, kayak elektronik-elektronik webcam gitu-gitu bukan kayak charger laptop. Charger ini lumayan harus sering anda bawa dan dicolok ke laptopnya ya, karena kapasitas baterenya itu cuma 30Wh akal cepet abis kalau kita hajar resolusi 2.5K.

Pas saya tes video playback, dia cuma tahan 3 jam sih… Itu 50% brightness, pakai Wi-Fi, dan 2.5K tadi. Kalau mau lebih awet, kita bisa setel resolusinya ke Full HD, dia bisa tahan 4-5 jam. Kesimpulan saya buat Axioo MyBook 14F ini… Brand lokal hebat juga ya.

Bisa bikin laptop yang ajaib kayak begini. Dan dalam konteks yang positif, bukan nyindir. Buat harga 4.9 juta, keunggulan yang ditawarin kayak mimpi sih… Kalau misalnya nih laptop, ditempelin merek Asus, Acer, Lenovo, Dell, PO pasti ghoib. Mungkin harganya bakal naik ke 6-7 juta langsung mungkin…. ya 8 nggak sih, Celeron… Saya ga bisa ngeluh dah sama apa yang ditawarin nih laptop.

Apa yang berasa kurang, bisa saya maklumin kalau saya ingat sama harganya. Laptop yang lain juga sama juga soalnya. Kayak gini-gini juga tapi layarnya itu jelek banget kalau laptop lain. Kalau ini beda. Sekarang tinggal kitanya aja, udah yakin belum sama merek lokal?

Biasanya saya nggak bisa terlalu semangat ngerekomenin produk lokal karena… jujur aja, biasanya kualitas brand luar lebih bagus. Tapi kali ini ceritanya beda.

Lokal lebih bagus dari luar

Laptop ini best deal sih, recommended. Yang bikin ragu paling tinggal faktor X aja, yang belum bisa saya nilai sekarang, yang agak random, kayak durability-nya tuh dia reliabel nggak? Tahan lama nggak? Kalau ada masalah, servisnya gimana?

Terus ya… Yang bikin orang ragu sama brand yang belum dikenal luas. Axioo bilang sih ini garansinya 1 tahun ya.

Tapi saya belum punya pengalaman sama laptop dari Axioo, dari servis dan lain-lain, jadi mungkin yang udah punya pengalaman bisa share di bawah aja. Demikian review GadgetIn buat Axioo MyBook 14F. Like kalau anda suka dengan video ini, dislike kalau nggak suka, dan kita ketemu lagi di video selanjutnya.

Yo! Closed Caption by @subbox.