Wednesday, March 6, 2013

Mengenal dan memahami Digital Marketing

Mendengar kata Digital Marketing tentu sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Tapi pertanyaannya apakah Anda tahu bagaimana sih memanfaatkannya untuk bisnis Anda ? Bila ingin tahu jawabannya masi simak artikel ini.

Lakukan Persiapan yang Benar Pertama Anda harus melakukan persiapan dengan cara membuat profil bisnis dan produk atau jasa Anda, kemudian lakukan riset sederhana untuk mengetahui profil Pelanggan Anda. Dibawah ini adalah list beberapa hal
yang Anda perlu tulis dan kerjakan dalam masa persiapan ini.

1. Tentukan jenis perusahaan Anda apakah menjual produk atau menyediakan jasa ?
2. Bila Anda menjual Produk, apa produk tersebut, tentukan produk apakah termasuk kebutuhan primer atau sekunder ?
3. Seberapa nilai barang atau jasa yang Anda jual ? (Ini wajib dituliskan karena akan sangat berpengaruh pada proses pembelian produk atau jasa Anda melalui digital)
4. Apakah untuk membeli produk dan jasa Anda, calon pelanggan membutuhkan pejelasan yang detil atau tidak ?
5. Buatlah Content yang berkualitas dan original tidak mengcopy paste dari situs lain.
6. Jika membutuhkan penjelasan yang detil, tentukan apakah penjelasan tersebut mampu diserap hanya lewat tulisan atau video, atau membutuhkan orang tersebut ketemu Anda.
7. Apakah bisnis Anda merupakan bisnis yang mengharuskan pelanggan Anda datang ke tempat Anda ?
8. Apakah seseorang membeli produk atau jasa Anda wajib berkonsultasi dengan Anda terlebih dahulu sebelum membeli produk atau jasa Anda.
9. Anda wajib membuat flow (proses) cara pembelian produk atau jasa Anda.
10. Jika Anda bisnis yang sudah berjalan, coba analisa darimana atau dengan cara apa biasanya Anda mendapatkan pembeli dan pelanggan Anda ?
11. Jika Anda sudah memiliki pelanggan, buatlah profil mereka, siapakah yang paling banyak membeli produk Anda.
12. Buatlah klasifikasi pelanggan Anda dari pelanggan biasa sampai pelanggan vip Anda, kemudian buatlah profil mereka.
13. Buatlah riset sederhana tentang bagaimana cara calon pembeli Anda mengetahui produk atau jasa Anda.
14. Buatlah riset sederhana apa situs yang sering dibuka oleh para pelanggan Anda dalam mendapatkan referensi dan informasi.
15. Buatlah riset sederhana topik informasi apa yang paling disering dicari dan dibicarakan oleh pelanggan Anda.
16. Buatlah riset sederhana device apa yang mereka gunakan sehari-hari untuk online. (contoh device: komputer desktop, laptop, ipad, android tab, bb, dll)
17. Buatlah profil seberapa pelanggan Anda yang hanya suka mencari informasi saja dan seberapa yang suka melakukan komunikasi dua arah (artinya mereka adalah user aktif yang sering melakukan interaksi dan memposting informasi.)
18. Buat Klasifikasi pelanggan Anda menjadi 3 jenis: Pertama tipe Visual yang artinya lebih suka membaca tulisan dan melihat gambar, Kedua tipe Kinestetik yang artinya mereka lebih suka berinteraksi atau mencoba langsung untuk mendapatkan pengalaman, Ketiga tipe Auditory mereka yang lebih suka mendengar Audio.
19. Cari tahu cara pembayaran yang paling nyaman buat para pelanggan Anda.

Ciptakan Content yang Tepat

Internet diciptakan sebagai media untuk mencari informasi, jika kita tengok 20 tahun lalu hal yang paling sering dilakukan orang ketika online adalah mencari informasi dan chat, baru ketika tahun 2000 mulai adanya blog para pengguna internet secara aktif menposting sesuatu. Ditambah ketika era Social Media maka para pengguna internet secara aktif melakukan interaksi dua arah didalam Social Media.

Untuk itu dalam melakukan Digital Marketing Content merupakan hal yang wajib dibuat pertama kali. Pertanyaannya Content yang seperti apa yang wajib dibuat oleh Anda ? Dibawah ini adalah beberapa daftar persyaratan Content yang wajib Anda buat.

1. Yang pertama tentu Anda wajib menciptakan Content yang memiliki hubungan dengan bisnis Anda.
2. Buatlah Produk Knowledge yang jelas untuk produk Anda.
3. Bila Produk atau Jasa Anda membutuhkan penjelasan yang detil atau peragaan maka buatlah dalam bentuk video.
4. Gunakan bahasa yang tepat sesuai dengan target market Anda, bila target market Anda diluar Indonesia maka Anda wajib menggunakan bahasa mereka atau minimal bahasa Inggris.
5. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target Audience Anda.
6. Buatlah Artikel-artikel yang mendukung bisnis atau produk Anda.
7. Buatlah Artikel yang bermanfaat bagi calon pelanggan atau pelanggan Anda misalnya dengan memberikan tips dan trik.
8. Pasanglah keyword yang tepat pada setiap content yang Anda buat, selalu gunakan keyword yang spesifik sesuai content artikel atau halaman situs Anda.
9. Gunakan Gambar untuk memperjelas content halaman situs Anda maupun dalam membuat artikel.
10. Buatlah Artikel secara rutin dengan jadwal yang teratur sehingga audience Anda mudah dalam mendapatkan artikel Anda.
11. Buatlah Artikel dengan topik yang dibutuhkan atau diminati oleh target pelanggan Anda.
12. Berikanlah kolom comment untuk artikel yang Anda buat sehingga mereka dapat memberikan input.
13. Buatlah Artikel sesuai dengan trend, kebutuhan dan tema yang sedang berlangsung.
14. Posting Artikel di situs-situs yang biasa dibrowsing oleh calon pelanggan Anda.
15. Gunakan Gaya bahasa yang bersahabat dan jangan terkesan menggurui.

Pengaruhi Mereka untuk menjadi Pelanggan Anda

Dengan membuat Artikel yang bermanfaat dan berkualitas tentu akan membuat mereka senang menerima artikel dari Anda, saat mereka menyukai dan nyaman dengan artikel yang Anda buat mintalah mereka untuk berlangganan Newsletter Anda.
Anda bisa juga mempengaruhi mereka agar berlangganan dengan cara berikan tips atau ebook gratis. Kemudian pengaruh apa yang bisa Anda berikan ?

1. Kirimkan promosi tentang produk Anda minimal setelah mereka menerima 3 email yang bermanfaat dari Anda.
2. Gunakan Program Email Engine Anda untuk mengirimkan email selamat hari ulang tahun atau hari raya kepada para pelanggan Email Anda.
3. Kirimkan email promosi dengan bentuk design yang menarik, sesuai dengan target Audience Anda.
4. Gunakan Video agar dapat mempengaruhi lebih baik lagi dalam bentuk Audio Visual.
5. Kirimkanlah bonus sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, untuk pembelian produk Anda.
6. Anda bisa membuat tematik promosi sesuai dengan Event yang sedang berlangsung, misalnya: promo akhir tahun, promo Lebaran, promo Idul Fitri, dan lain-lain.
7. Buatlah program promosi Anda dengan jangka waktu tertentu.
8. Berikan Solusi untuk pembelian produk Anda, misalnya: dengan cara kredit atau angsuran.
9. Saya menyarankan bila Anda ingin memberikan diskon, lebih baik memberikan Cashback untuk pembelian produk Anda.
10. Kirimkan Promosi produk Anda dengan limit, Anda dapat menggunakan limit dalam bentuk jumlah atau waktu.
11. Untuk Bisnis yang memerlukan mereka datang, Anda bisa memberikan promosi berupa Happy Hour.
12. Untuk Bisnis fashion Anda bisa menggunakan promosi Midnight Sale.
13. Gunakan Email Engine yang dapat memberikan Report siapa saja yang membuka email promosi Anda, sehingga kedepan Anda dapat mengirimkan promosi hanya kepada target yang berminat terhadap promosi Anda.
14. Analisa selalu tingkat keberhasilan Program Promosi Anda, mana program yang berhasil, mana yang tidak.
15. Selalu lakukan improvement dari hasil analisa Anda.

Sekian Tips sederhana dari saya semoga bermanfaat.[ed: Boy 024-7060.9694]

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog