Saturday, March 30, 2013

Dari Misi Menjadi Aksi

Sukses harus dicapai dengan tahapan-tahapan, bagaikan anak tangga yang akan membawa kita ke tingkat yang lebih tinggi. Ada banyak cara yang diajarkan untuk dapat menuju sukses. Dalam buku "Fight Like a Tiger, Win Like a Champion", ada alur menarik yang dapat kita ikuti untuk mencapi sukses yang ingin kita raih. Alur tersebut tergolong sederhana dan dapat kita jalani dan lakukan sendiri.

Alur ini tersebut adalah "PIKIRAN - KATA-KATA - KEYAKINAN - TINDAKAN - HASIL

PIKIRAN : "selalu tanamkan pikiran yang positif tentang diri kita, tindakan kita serta hasil yg akan kita raih". Sudah banyak yang tahu bahwa kita itu akan menjadi apa yang kita pikirkan. Misalnya jika kita ingin punya mobil, jika kita sudah punya pikiran bahwa punya mobil tersebut adalah tidak mungkin karena mahal, maka dapat dipastikan kita tidak akan pernah mau melakukan tindakan yang mengarah utnuk punya mobil. Siapa mau melakukan sesuatu yang tidak mungkin diraih. Tapi sebaliknya jika kita sudah punya pikiran saya bisa punya mobil, maka pikiran pasti akan segera merancang bagaimana langkah-langkah saya untuk bisa punya mobil yang mahal tersebut. Misal mulai menabung, menambah omset usaha, menambah penghasilan dari
kegiatan tambahan dan lain-lain,

KATA-KATA: "formulakan dan nyatakan pikiran kita tersebut dalam kata-kata menggunakan afirmasi positif" . Kata adalah do'a. Begitu orang Islam menyakini, dan saya yakin di agama lain juga mungkin ada istilah seperti itu. Biasakanlah untuk menggunakan kata-kata yang bernada positif dan optimis dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kalo perlu kita pakai afirmasi positif. Afirmasi adalah semacam penegasan bahkan ada yang mengartikan do'a. Misal kalo kita ingin presentasi didepan klien atau calon investor, kita beri afirmasi pikiran kita bahwa materi presentasi kita bagus, klien/investor pasti tertarik dan saya yakin bisa menjelaskan isi presentasi tersebut.

KEYAKINAN : "yakinkan diri kita bahwa pikiran dan kata-kata kita dapat dicapai dan membawa hasil sesuai yg diinginkan" . Keyakinan akan memberikan kenyaman dalam diri kita dan dapat menjadi energi tambahan bagi kita. Akan tetapi keyakinan tersebut harus lahir dari pikiran dan afirmasi yang positif. Tanpa keyakinan yang nyata kita tidak akan pernah berani utnuk melakukan action atau tindakan. Keyakinan adanya di hati, jika hati kita yakin, maka akan menyetrum pikiran dan tindakan kita untuk melakukan dan menjalani apa yang sudah menjadi keyakinan kita tersebut.

TINDAKAN : "rencanakan dan lakukan tindakan-tindakan yang mengarah kepada hasil yang kita inginkan, hindari hal-hal yangg sia-sia. Sebuah kesuskesan besar dimulai dari sebuah langkah kecil. Idiom tersebut sudah sangat familiar kita dengar sehari-hari. Kalo teman-teman TDA bilang "Take Action Miracle Happen, No Action Nothing Hapen". Melakukan tindakan adalah hal terpenting jika kita ingin sukses. Tanpa tindakan tidak akan ada hasil yang akan kita raih. Hasilnya entah gagal atau berhasil itu tergantung sejauh mana tindakan dan do'a kita. Kalopun gagal, itu lebih baik. Karena lebih baik peranh mencoba melakukan tindakan dan gagal dari pada gagal utnuk mencoba melakukan tindakan. Setiap insan yang mau berusaha dan tentunya
diiringi pasti akan diberi hasil yang terbaik oleh Allah SWT. Jika tidak ada tindakan yang pernah kita lakukan dalam hidup, yakinlah bahwa anda sesungguhnya telah mati hanya masih bernafas saja he.. he..

HASIL : "pandailah menilai hasil yang kita peroleh dari tindakan kita dan untuk kemudian menjadi bahan evaluasi masa depan". Jika usaha kita sukses dan membuahkan hasil, kita tetap harus menilai hasil tersebut, apakah sudah sesuai target, apakah sudah menjadi yang terbaik bagi kita atau bagaimana. Evaluasi atas hasil juga sangat penting untuk menentukan langkah kita berikutnya. Apakah mentargetkan hal yang lebih besar, hal yang berbeda atau mau bagaimana. Karena tidak mungkin kita hanya berhenti di satu langkah keberhasilan saja. Tetap diperlukan tantangan yang baru. Bukankah orang yang hari ini sama dengan hari kemarin adalah orang yang merugi???

Selamat menjalani dan sukses untuk anda. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog