Wednesday, March 6, 2013

Dalam Sepekan, Harta Orang Kaya Dunia Bertambah Rp280 T

BERITASATU.COM - Daftar orang kaya versi Bloomberg ini mengacu pada kinerja saham perusahaan mereka di lantai bursa yang selalu berubah berdasarkan kondisi ekonomi.

Selama sepekan terakhir, harta orang-orang terkaya di dunia versi Bloomberg bertambah sekitar US$27,9 miliar (Rp279 triliun). Hal tersebut berdasarkan acuan indeks Standard & Poor's (S&P) 500 yang selama pekan ini menunjukkan kinerja terbaik sejak Desember 2011.

Raja judi, Sheldon Adelson (78) peringkat 19 orang terkaya dunia versi Bloomberg meraih keuntungan US$1,4 miliar. Dalam sepekan terakhir, saham perusahaannya Sand Corp naik 7,35 persen. Pemilik perusahaan operator kasino yang berbasis di Las Vegas ini meraih kekayaan US$21,2 miliar.

"Kekhawatiran investor sedikit hilang minggu ini," ujar Kepala strategi keuangan Wells fargo Private Bank, Ron Florance yang mengelola dana sekitar US$169 miliar, hari ini.
Sementara kekayaan bersih Carlos Slim (72) selama sepekan terakhir mencapai US$65,7 miliar. Pemilik perusahaan telekomunikasi Tycoon ini mampu meraup keuntungan US$2,7 miliar setelah saham perusahaan America Movil SAB naik 1,29 persen.
Biil Gates (56) menguntit di belakang Slim sebagai orang terkaya yang meraih keuntungan terbesar. Pemilik Microsoft Corp ini meriah untung US$2,1 miliar setelah saham perusahaan Redmond naik 4,22 persen.

Berikutnya adalah Warrant Buffet dengan total kekayaan bersih pekan ini mencapai US$45,4 miliar. Dalam sebuah pertemuan ekonomi belum lama ini, Chairman The Berkshire Hathaway inc ini berharap perekonomian AS bisa terhindar dari krisis utang Eropa. Selanjutnya adalah Larry Ellison pemilik perusahaan di bidang teknologi Oracle Corp yang sahamnya naik 4,46 persen selama sepekan terakhir. Pria 67 tahun ini berhasil meraup untung US$1,3 miliar dan mengantarkan dirinya di posisi 6.
Sementara harta kekayaan Armancio Ortega orang kedua terkaya di Eropa, selama sepekan ini naik US$1,4 miliar setelah sahamnya Zara naik 3,6 persen.

Alisher Usmanov, taipan asal Rusia meraih untung US$1,4 miliar. Pengusaha jet pribadi ini merupakan pemegang saham mayoritas produsen baja terbesar di Rusia, Metalloinvest. Kekayaan pria yang juga pemilk grup internet klub Inggris Arsenal ini mencapai US$16,4 miliar.

Bursa saham Amerika Serikat (AS) pada minggu ini melonjak menyusul kebijakan pemerintah China yang memangkas tingkat suku bunga acuannya serta pernyataan Gubernur bank sentral Eropa, Mario Draghi yang menegaskan siap memberikan langkah kongkrit untuk mengatasi krisis di Eropa.

Indeks S&P menguat 3,73 persen menjadi 1.325,66 pada penutupan 8 Juni. Adapun harga minyak mentah dunia dan nilai tukar Euro melemah. Hal ini mengindikasikan krisis utang Eropa semakin mengkhawatirkan. Meski demikian, Indeks bursa saham Eropa selama sepekan lalu naik 2,91 mencapai 241,93.

Daftar orang kaya versi Bloomberg mengacu pada kinerja saham perusahaan mereka di lantai bursa yang selalu berubah berdasarkan kondisi ekonomi. Data tersebut di up date setiap jam perdagangan bursa New York dalam denominasi dollar.

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog