Monday, December 24, 2012

Problema Kehidupan itu adalah Ilusi Pikiran

Bahasan sekarang ini saya banyak mengambil pelajaran dari buku Practising The Power of Now. Sebagian besar pemikiran dan bahkan tulisan Eckhart Tolle, sang penulis, saya cantumkan baik secara utuh maupun sudah saya sesuaikan. Beruntung sekali saya mendapatkan karya beliau yang saya peroleh di Stasiun Depok Baru. Dengan buku ini, pemahaman dan praktek menikmati ‘sekarang’ menjadi lebih mudah dan mendalam bagi saya dan tentunya bagi Anda.

Mengenai 'sekarang', yang berhubungan dengan waktu di mana setiap orang memiliki kuantitas  yang sama, namun dengan kualitas yang berbeda-beda. Setiap orang menjalani hidup 24 jam sehari. Sebagian merasakan kebahagian, ketenangan, kesenangan, kedamaian dan keberhasilan, sementara yang lain merasakan kesedihan, kecemasan, ketakutan dan kegagalan.  Semua kebahagiaan dan penderitaan ini dipengaruhi oleh kualitas pikiran seseorang, terutama bagaimana pikiran merespon waktu.

Pemahaman dan kemampuan mengelola waktu ini sangat penting agar kita mampu menikmati hidup sekarang. Kebanyakan orang cenderung larut terhadap masa lalu dan masa depan, akibatnya sedikit energi yang tercurahkan untuk masa sekarang. Padahal yang kita miliki adalah masa sekarang. Masa lalu sudah basi, sementara masa depan belum tentu terjadi.

Memikirkan masa lalu ataupun masa depan merupakan khayalan pikiran. Penderitaan muncul saat mengenang masa lalu yang suram atau bayang-bayang masa depan yang menakutkan. Pun, pikiran menciptakan kebahagiaan ketika mengingat kenangan indah atau membayangkan kehidupan yang menarik di masa mendatang. Apapun itu, khayalan cenderung menjauhkan Anda dari kehidupan sekarang.

Syukurilah dengan yang Anda miliki, yang Anda peroleh saat ini. Tak perlu menunggu hal-hal besar agar bahagia. Menunggu adalah keadaan pikiran yang berarti Anda menginginkan masa depan; Anda tidak menginginkan masa sekarang. Menunggu dengan berbagai jenisnya, berarti secara tidak sadar Anda menciptakan konflik diri antara Anda yang sedang berada di sini pada saat sekarang, yang tidak Anda inginkan, dengan masa depan yang Anda inginkan. Andapun dirugikan dengan konflik ini karena mengurangi kualitas kehidupan akibat kehilangan saat sekarang.

Misalnya, tentang kesejahteraan, semua orang menginginkan, merindukan dan menunggunya. Kesejahteraan tidak dapat terjadi di masa depan. Sebaliknya, jika Anda menghargai, mengakui dan menerima sepenuh hati kenyataan saat sekarang, Anda di mana pun, kapan pun,  siapapun Anda, apa pun  yang sedang Anda kerjakan sekarang "Anda dapat mensyukuri yang ada, bersyukur kepada Tuhan".

Mensyukuri yang ada dan bersyukur kepada Tuhan merupakan kesejahteraan yang sesungguhnya. Kesejahteraan itu tidak akan di masa depan, kata Eckhart Tolle. Kemudian, pada saatnya nanti, kesejahteraan itu mewujudkan diri bagi Anda dengan berbagai cara, tambahnya.

Ketika Anda merasa tidak puas dengan yang Anda peroleh, merasa marah dan mungkin juga frustasi dengan kekurangan Anda pada saat ini bisa membuat Anda  termotivasi untuk menjadi kaya. Tetapi, seandainya Anda berhasil mendapat uang milyaran rupiah, hal tersebut tidak serta merta membuat Anda bahagia. Sebaliknya Anda akan terus mengalami kondisi batin yang serba kekurangan dan jauh dalam hati Anda, terus merasakan belum cukup.

Seperti kata Eckhart Tolle, Bisa saja Anda mendapat pengalaman yang menggairahkan dengan apa saja yang dapat Anda beli dengan uang, tetapi semua itu hanya datang dan pergi, dan selalu meninggalkan Anda dengan perasaan kosong serta kebutuhan kepuasan fisik atau psikologis berikutnya. Anda akan tinggal bersama Keberadaan (Tuhan) dan merasakan kelimpahan hidup sekarang yang merupakan satu-satunya kesejahteraan sejati.

Mulai saat ini, hentikanlah kebiasaan selalu memberikan perhatian kepada masa lalu dan juga masa depan. Anda boleh memerhatikannya bilamana Anda membutuhkannya saja. Latihlah setiap hari untuk keluar dari dimensi waktu sesering mungkin dan hadirlah saat sekarang, di sini. Dengan begitu Anda telah terbebas dari ikatan waktu,  Andapun bisa merasakan semangat hidup, bahagia dan penuh suka cita.

1 comment:

  1. Hello Am Puan, Morgan Debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan boleh dipercayai memberi pinjaman
    atas terma yang jelas dan mudah difahami dan syarat pada kadar faedah 2%. dari
    $ 12000 kepada $ 7000000 USD, Euro Dan Pounds Sahaja. Saya memberi Pinjaman Perniagaan,
    Pinjaman Peribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Kereta Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bil. jika anda
    memerlukan pinjaman apa yang anda perlu lakukan adalah untuk anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgandebra1986@gmail.com
    Tuhan memberkati Anda.
    Yang benar,
    Puan Morgan Debra
    E-mel: morgandebra1986@gmail.com


    Nota: Semua jawapan hendaklah dihantar kepada: morgandebra1986@gmail.com

    ReplyDelete

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog