Monday, September 10, 2012

Catatan Sejarah Bermula dari Tulisan

Percayakah Anda bahwa kegiatan menulis dapat meningkatkan kualitas hidup?

Sejak zaman dahulu kala, sejak sejarah mulai terkuak, tulisan sudah berperan sentral. Tulisanlah yang menjadi tonggak bisa terbacanya sejarah. Tanpa tulisan, sejarah tidak ada, sehingga ada masa-masa yang disebut sebagai era pra sejarah. Era yang sulit ditelusuri karena ketiadaan tulisan.

Dari tulisan-tulisan masa lalu itu, manusia belajar banyak hal dalam berbagai bidang kehidupan. Buku menjadi salah satu yang terpenting sebagai sebuah barang berisi kumpulan tulisan. Diakui atau tidak, sudah terlalu banyak sisi kehidupan kita yang meningkat kualitasnya karena buku. Manusia-manusia baik hati yang paham manfaat buku, tak henti-hentinya menulis dan menyebarkannya. Para penulis masa lalu ini amat percaya, bahwa tulisannya akan bermanfaat buat manusia generasi berikutnya.

Belum terhitung jumlah jenis tulisan lain di luar buku yang juga memberikan manfaat besar untuk kehidupan manusia. Mereka - para penulis itu, bukan menulis untuk dirinya sendiri, namun untuk kehidupan. Manusia hidup karena adanya tulisan.

Padahal, buat mereka sendiri - para penulis itu - terdapat manfaat yang luar biasa, berkat kegiatan menulisnya. Secara sadar atau tidak, para penulis itu telah menjadikan kehidupan lebih hidup, dan hidupnya sendiri kian hidup. Kualitas dirinya terus meningkat melewati batas-batas manusia kebanyakan. Otak, pikiran, hati dan seluruh tindak tanduknya bergerak seirama menuju kesempurnaan. Mereka menulis untuk hidup. Mereka sehat jiwa dan raga.

Masih ragu untuk menulis?
T e r l a l u . . .

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog