Tuesday, October 4, 2011

Tertawa Lepas itu Bikin Sehat lho..


Selama ini Anda mungkin sudah mengetahui bahwa tertawa itu membuat sehat, dan ternyata para peneliti memang telah membuktikan bahwa tertawa adalah obat paling mujarab.

Hasil penelitian yang diumumkan, Rabu (14/9) menyebutkan bahwa hanya dengan menonton tayangan komedi selama 15 menit, rasa sakit kita bisa berkurang hingga 10 persen.

Studi selama satu dekade yang dilakukan oleh Universitas Oxford di Inggris menemukan bahwa tertawa lepas bisa menguras energi bahkan membuat seseorang kelelahan, dan hal ini memicu pelepasan hormon endofin, yakni hormon yang mengelola rasa sakit dan membuat kita merasa nyaman.

Tapi hati-hati, jangan tertawa palsu atau tertawa malu-malu karena hal itu tidak akan berdampak sama seperti ketika kita tertawa lepas.

Salah tayangan komedi yang menjadi alat penelitian ini adalah tayangan Mr Bean. Sementara kondisi tubuh yang diukur adalah suhu pada lengan, tekanan darah, dan otot kaki.

Untuk mendemonstrasikan efeknya, para peserta penelitian juga diajak menonton acara live, yakni di Festival Edinburgh Fringe dan juga di panggung-panggung drama.

Dengan menggunakan mikropon, tertawa lepas para peserta penilitian itu direkam. Hasilnya, ketika menonton tayangan komedi, mereka menghabiskan sepertiga waktu menontonnya untuk tertawa, dan memang rasa sakit yang mereka alami jauh berkurang.

Kepala peneliti Profesor Robin Dunbar, yang juga Kepala Institut Antropologi Sosial dan Budaya Universitas Oxford, mengatakan bahwa efek pelepasan hormon endorfin, menjelaskan betapa pentingnya tertawa lepas dalam kehidupan sosial kita.

"Hanya sedikit penilitian yang dilakukan untuk menjelaskan mengapa kita perlu tertawa, dan apa pentingnya tertawa dalam kehidupan sosial kita," kata profesor Dunbar.


 
Jorganizer Hamdani
024-7060.9694 (flexy)
hope 4 the best n prepare 4 the worst
knowing is nothing without applying

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog