Wednesday, October 5, 2011

Mengelola Saat di Perjalanan

Pertanyaan tentang uang saat melakukan perjalanan adalah salah satu topik yang paling populer di forum situs Travelfish. Pertanyaan yang selalu muncul adalah bagaimana dan di mana saja tempat untuk menarik uang di tempat bepergian. Silakan baca terus untuk mengetahui saran-saran untuk mengatur dana kita pada saat liburan maupun tips lainnya yang berhubungan dengan uang.



Cara terbaik untuk mengatur uang kita saat bepergian di Asia, pertama-tama kita harus paham akan biaya saat penarikan. Langkah selanjutnya, kita mulai mencari tahu kartu yang paling baik untuk menarik uang.

Setelah kita memilih kartu yang paling baik untuk bepergian, strategi terbaik adalah dengan menggunakan kartu ATM sebagai sumber utama dana, dikombinasikan dengan cek pelawat dan uang tunai sebagai sumber sekunder.

Jika kita sudah melakukan penelitian dan mendapatkan kartu dengan biaya penarikan yang rendah, ini artinya kita telah memiliki kombinasi paling bagus antara kenyamanan, keselamatan dan biaya.

Ada empat pertimbangan utama jika menggunakan uang di luar negeri: biaya komisi, nilai tukar, suku bunga, dan biaya transaksi.

Biaya komisi
Dapat berupa persentase atau biaya dengan harga tetap. Cek pelawat umumnya dikenakan biaya 1-3% (bisa sampai 5-6%) jika dibeli di negara asal. Biaya itu akan ditambah 1-2% ketika kita melakukan penukaran ke dalam mata uang asing (tapi, kadang-kadang bisa juga diuangkan tanpa kena biaya). Bisa juga kita tidak dikenakan biaya saat menukarkan uang, misalnya saat terpampang papan iklan "No commission", tapi kemungkinan nilai tukarnya rendah atau ada biaya tersembunyi.

Valuta asing
Mata uang tertentu lebih berharga dibandingkan lainnya. Nilai tukar sangat bervariasi, hal yang harus selalu diingat adalah belilah mata uang asing di Asia.

Kami pernah menulis pada tahun 2007, satu bank asal Australia yang sangat populer menawarkan untuk menjual Baht Thailand pada tingkat 27,9812. Sebuah bank Thailand yang sama populernya bersedia membeli dollar Australia pada angka 30,61875. Jika kita menukarkan A $1.000 maka akan ada perbedaan besar, 27.981 baht vs 30.618 - hampir A $100.

Jual-beli valuta asing adalah hal yang penuh "permainan" jika kita menggunakan kartu kredit atau kartu debit di luar negeri. Mereka akan memberikan konversi sesuai tingkat antar bank, tetapi bukan tidak mungkin selanjutnya ada biaya transaksi sampai 3%.

Suku bunga
Penyedia jasa keuangan akan mengenakan biaya jika kita  meminjam uang tunai atau berbelanja dengan kartu. Salah satu cara untuk menghindari kewajiban membayar bunga adalah mengisi kartu kredit dengan dana yang cukup sebelum berangkat.

Hal ini sering kali bermanfaat, tapi beberapa kartu langsung mengenakan bunga begitu kita menarik uang, meskipun kartu kita masih punya dana lebih. Perhatikan syarat-syarat tersembunyi dalam kartu kredit!

Biaya transaksi
Biaya transaksi biasanya kecil tapi bisa memberatkan. Biasanya biaya transaksi dalam kisaran $2-5 per transaksi. Di Vietnam hal ini bisa "tidak main-main" karena penarikan tunggal terbesar dari ATM adalah sekitar $125 - artinya jika kita ingin $500 secara tunai, kita harus menarik $125 empat kali, artinya ada biaya transaksi  minimal $8. Ini tidak menjadi masalah di Kamboja yang batas penarikan tunggalnya $ 2000.



Pro dan kontra

Tunai
Uang tunai adalah yang paling memudahkan kita. Sangat fleksibel dan kita tidak perlu menunjukkan paspor jika ingin menukarkan uang atau menukarkan cek pelawat.

Tapi, uang tunai juga paling mudah hilang, sangat berisiko untuk membawa uang dalam jumlah besar. Jika hilang atau dicuri, artinya benar-benar tak kembali. Ini jelas beda dengan Cek pelawat yang dapat diganti.

Asia adalah tempat yang bagus untuk menukarkan uang. Jika memungkinkan, bandingkan dulu nilai tukar di sejumlah tempat penukaran uang, tapi tentunya tak perlu  buang waktu dan uang demi mondar-mandir melintasi kota untuk menghemat 10 baht.

Bank dan penukaran uang biasanya memberikan harga yang jauh lebih baik dari pada hotel atau bisnis lainnya. Langkah bijaksana adalah menukar uang di penukar uang berlisensi karena meski kita mendapat nilai tukar yang tidak terlalu menguntungkan, tapi terhindar dari penipuan atau diberi uang palsu.

Pecahan  besar biasanya mendapatkan nilai tukar yang lebih baik di penukaran uang, tetapi tak ada salahnya menyimpan beberapa pecahan kecil. Cara cerdas lainnya adalah menyimpan beberapa ratus dollar tunai untuk keadaan darurat.

Cek pelawat
Keuntungan utama dari cek pelawat adalah dapat diganti jika hilang atau dicuri. Kelemahannya adalah bahwa sering ada (meskipun tidak selalu) biaya saat menukarkan cek tersebut. Meskipun demikian, anggap saja ini hal kecil atau sejenis asuransi dalam perjalanan karena kita dijamin mendapatkan uang tunai dalam keadaan darurat. Cek pelawat biasanya diterbitkan dalam dolar AS, tetapi mata uang lainnya juga semakin diterima.

Ketika membeli cek pelawat, bandingkanlah dulu antara beberapa penyedia dan biaya-biaya yang mereka kenakan. Jika cek yang ditawarkan bebas biaya komisi, perhatikan dulu dengan seksama kurs yang ditawarkan. Tanyakan juga ada-tidaknya biaya saat cek pelawat itu kita jual kembali. Juga, tanyakan lokasi di tempat tujuan yang menerima penukaran cek pelawat secara gratis. Belilah cek pelawat untuk nilai besar - minimal $100. Di bawah itu, kita akan kehilangan terlalu banyak karena membayar biaya-biaya.

Menyimpan beberapa ratus dolar dalam bentuk cek pelawat sebagai cadangan merupakan hal yang cerdas. Jika kita kehilangan kartu ATM, ada pemadaman listrik, jaringan ATM sementara off-line atau di tempat terpencil yang tidak menerima ATM, cek pelawat bisa jadi alternatif.

Kartu kredit dan debet
Periksa dengan hati-hati istilah dan syarat-syarat di kartu kita. Periksa dengan seksama ketentuan transaksi ATM dan biaya konversi mata uang. Pastikan kartu kita memiliki simbol Cirrus atu Maestro Plus- jika tidak, kita mungkin tidak dapat menggunakannya di luar negeri.

Jika kita menggunakan kartu untuk melakukan penarikan ATM, setiap kali penarikan lakukanlah dalam jumlah besar. Biaya yang dibebankan tidak akan sebesar jika kita menarik berulang kali dalam jumlah kecil (asumsinya, Anda merasa cukup aman dan nyaman membawa uang tunai).

Pastikan kita memiliki kode PIN ATM 4-digit karena kode 6-digit kadang-kadang tidak berlaku di Asia. Keypad ATM di Asia biasanya tanpa huruf, jadi jika pin ATM kita menggunakan huruf, pastikan  mengetahui angka yang sesuai. Jika ragu, gunakan tombol ponsel untuk mengetahuinya.

Beri tahu bank kita bahwa nasabahnya sedang  bepergian ke luar negeri, hal ini untuk mencegah akun kita secara tidak sengaja termatikan. Pertimbangkan juga untuk membawa ATM kedua atau kartu kredit dari rekening lain sebagai cadangan jika kartu utama hilang atau dicuri.

Usahakan agar hanya menggunakan mesin ATM di dalam atau di sebelah bank. Jadi, jika ada masalah dengan kartu, kita bisa meminta bantuan staf bank.

Kartu perjalanan prabayar
Ini semacam kartu debit, kita mengisi kartu dengan uang sebelum bepergian kemudian menggunakannya  seperti kartu kredit atau kartu debit. Contohnya adalah Visa TravelMoney, MasterCard Traveller's Cash cards dan Post Office Travel Money Card. Tetap berhati-hati terhadap biaya transaksi seperti pada kartu kredit dan kartu debit.



Saran buat negara-negara tertentu

Kamboja
Demi kepraktisan, mata uang di Kamboja adalah dolar AS, dan hampir semua hotel, restoran, tur dan toko menerima dolar. Akan sangat berguna jika kita membawa dolar pecahan kecil misalnya setumpuk uang kertas satu dolar. Uang kembalian dalam jumlah kecil akan diberikan dalam mata uang lokal, riel, dan akan sangat berguna untuk transaksi kecil.

Jangan pernah menerima uang kertas dolar AS yang robek di Kamboja - bahkan robek kecil atau lubang akan membuatnya susah laku. Uang kertas baru pecahan $100 sudah pasti diterima.

ATM, misalnya Royal Bank ANZ, mengeluarkan dolar AS dan tersedia di pusat-pusat wisata utama seperti Phnom Penh, Siem Reap, Battambang dan Sihanoukville.

Beberapa ATM juga mengeluarkan mata uang lokal, riel, tetapi biasanya hanya untuk pemegang rekening lokal. ANZ mengenakan biaya $2 per penarikan yang menggunakan kartu asing. Baht Thailand juga diterima di beberapa tempat di Kamboja, tetapi nilai tukar biasanya tidak menguntungkan seperti dolar.

Laos
Mata uang resmi di Laos adalah kip tapi urusan bisnis biasanya menggunakan dolar AS dan baht Thailand. Uang kembalian bisa berupa kip atau dolar AS, tergantung besar-kecilnya.

ATM dengan akses internasional tersedia di sebagian besar pusat wisata utama di Laos, tapi setiap penarikan dibatasi dalam jumlah yang tak besar (700 ribu kip di BCEL atau hingga 1 juta kip di Lao Development Bank). Artinya, biaya untuk menarik dana menjadi mahal. Lebih baik kita membawa uang tunai dalam persentase yang lebih tinggi (dollar AS atau baht Thailand) atau cek pelawat saat bepergian di Laos.

Kartu kredit dan kartu debit sangat berguna di Laos, khususnya pada bisnis skala besar dan Anda bisa menarik uang tunai di kasir menggunakan kartu-kart ini. Tapi, ada biaya tambahan 3% pada semua transaksi kredit dan kartu debit.

Singapura
Mata uang Singapura adalah dolar Singapura. Kita dapat dengan mudah melakukan penarikan tunai dengan ATM atau kartu kredit jika melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Thailand
Berbagai tempat hanya menerima Baht Thailand, tapi sebagian toko perhiasan atau penjahit masih mengenakan tarif dolar AS atau Euro. Thailand memiliki jaringan ATM yang luas, dengan ATM yang tersedia bahkan di lokasi terpencil. Bank dan jasa penukaran uang ada di mana-mana. Semua ATM di Thailand menarik 150B sebagai biaya transaksi jika menggunakan kartu asing.

Vietnam
Dolar AS cukup mudah digunakan di Vietnam tapi akan lebih menguntungkan kita jika pembayaran kita lakukan dalam mata uang lokal, dong. Dan untuk pembelian kecil, Anda diharap untuk membayar dengan dong. ATM tersedia dengan mudah, meski batas per penarikan adalah 2 juta dong atau cuma sekitar $125. Harap perhatikan biaya-biaya jasa penarikan.



Saran-saran umum
Ada beberapa tips lain agar perjalanan Anda lancar.

Uang kembalian mungkin akan menjadi masalah jika kita bertransaksi di restoran dan toko-toko kecil, jadi pecahkanlah dulu uang kertas Anda setiap kali ada kesempatan.

Tips lainnya adalah membayar dengan pecahan kecil, misalnya membayar tagihan 280 baht dengan tiga lembar 100 baht. Ini lebih baik daripada menyerahkan uang kertas 500 baht atau 1000 baht, sekaligus mengurangi risiko tidak mendapatkan uang kembalian secara penuh.

Koin masih digunakan di Thailand dan Singapura, tetapi tidak lagi digunakan di Vietnam, Laos dan Kamboja.

Jika kita keluar kota, hanya bawa yang diperlukan dan lainnya tinggalkan di brankas di kamar atau safety box yang disediakan.

Terakhir, ingatlah bahwa dong Vietnam, riel Kamboja, dan kip Laos hanya berharga di dalam negeri masing-masing. Jadi sebelum anda pulang, habiskan uang itu atau masukkan ke kotak amal.


 
Jorganizer Hamdani
024-7060.9694 (flexy)
hope 4 the best n prepare 4 the worst
knowing is nothing without applying

2 comments:

  1. INVESTASI Almamater: Ini adalah sebuah perusahaan bersemangat untuk membantu individu yang membutuhkan krisis keuangan dan membantu mereka mencapai tujuan mereka dalam kehidupan. Jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman, just let me know, kami menawarkan pinjaman kepada individu serta organisasi yang memiliki niat merenovasi rumah dan lembaga, konsolidasi hutang, pembiayaan kembali dan juga pembentukan pakaian bisnis. kewajiban kami adalah membantu orang yang membutuhkan untuk mendapatkan stabilitas keuangan dalam rangka memenuhi tuntutan hidup. Kami menjamin keamanan maksimum adalah prioritas kami. E-mail: almamatersrinvestment@gmail.com

    ReplyDelete
  2. INVESTASI Almamater: Ini adalah sebuah perusahaan bersemangat untuk membantu individu yang membutuhkan krisis keuangan dan membantu mereka mencapai tujuan mereka dalam kehidupan. Jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman, just let me know, kami menawarkan pinjaman kepada individu serta organisasi yang memiliki niat merenovasi rumah dan lembaga, konsolidasi hutang, pembiayaan kembali dan juga pembentukan pakaian bisnis. kewajiban kami adalah membantu orang yang membutuhkan untuk mendapatkan stabilitas keuangan dalam rangka memenuhi tuntutan hidup. Kami menjamin keamanan maksimum adalah prioritas kami. E-mail: almamatersrinvestment@gmail.com

    ReplyDelete

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog