Wednesday, August 31, 2011

Digital Marketing

Banyak orang yang berpikir bahwa mempunyai sebuah website yang baik saja cukup, sehingga seringkali mereka hanya berhenti sampai pada pembuatan website, padahal walaupun Anda memiliki sebuah website yang didesign sesuai dengan target Audience kita, bahasa, design, fitur, content sudah sesuai dengan apa yang target audience kita butuhkan, masih ada PR yang perlu Anda kerjakan yaitu bagaimana membuat orang lain khususnya target Audience kita tahu bahwa website kita ada.

Sebagai seorang manusia kita harus berubah, jika manusia tidak berubah maka dia akan mati. Terbukti dengan melihat kenyataan bahwa seseorang yang selalu belajar dan terus berkarya akan membuat orang tersebut berumur panjang, makanya jika kita melihat mengapa Proffesor umumnya berumur panjang. Begitu pula dengan dunia Marketing, jika kita tidak mengubah gaya Marketing kita maka kita dipastikan akan mati.

Jika kita amati dalam cara pemasaran terjadi 2 kali perubahan significant yaitu: Pemasaran Langsung – Pemasaran Berijin – Pemasaran Bermakna.  Pemasaran langsung adalah cara pemasaran langsung menawarkan produk tanpa ijin dari target audience, jenis pemasaran ini dianggap menggangu karena iklan atau promosi langsung datang ke kita tanpa ada ijin. Pemasaran Berijin atau istilahnya Permission Base Marketing, merupakan jenis iklan yang lebih baik karena iklan tersebut datang ketika ada persetujuan dari target audience. Sedang Pemasaran Bermakna merupakan metode pemasaran dengan cara memberikan manfaat atau nilai tambah kepada target market, sehingga secara tidak sadar akan membangun hubungan antara brand Anda dengan target market Anda.

Pemasaran Langsung ini masih banyak berlangsung di Indonesia, antara lain yang sering kita alami adalah ketika kita mendapat penawaran dari kartu kredit atau produk-produk finance lainnya selalu datang pada saat yang tidak tepat, disaat kita sedang sibuk, disaat kita sedang sedang mengendarai mobil, dan lain-lain sehingga kita merasa sangat terganggu dengan pemasaran jenis ini.  Sedang seperti di US kita bisa mendapatkan perlindungan dengan mendaftarkan no telpon kita ke Do-Not-Call, jadi ketika kita sudah mendaftarkan nomer telpon kita dan mendapat telpon penawaran dari sebuah brand kita tinggal melaporkannya, dan mereka akan memberikan hukuman yang serius bagi brand bersangkutan, sayangnya hal ini belum terjadi di Indonesia.

Pemasaran Berijin itu adalah jenis pemasaran yang lebih baik, misalnya dengan membuat sebuah website dan program berlangganan Newsletter dari web tersebut, atau dengan membuat sebuah QR Code pada sebuah Poster, jika orang tertarik ingin mengetahui lebih jauh dia akan mengakses QR Code tersebut dengan QR reader yang ada didalam device dia.

Pemasaran Bermakna adalah jenis pemasaran yang paling baik, jadi sifatnya memberikan manfaat. Misalnya Anda seorang Agen Property, maka Anda dapat membuat sebuah buku panduan bagaimana memilih Property yang baik, dengan demikian Anda memberikan sebuah manfaat tanpa terlihat jualan tapi justru Anda sebagai pembuat buku akan menjadi yang pertama dihubungi saat pembaca buku itu ingin membeli sebuah property seperti rumah, apartement, ruko, dan lain-lain. Pemasaran Bermakna adalah karakter yang dimiliki oleh digital marketing 3.0, sehingga bila Anda sekarang ini masih merasa kurang dengan cara pemasaran Anda, Anda dapat merubah cara penjualan Anda dengan cara pemasaran Bermakna.

Kita perlu melakukan yang dinamakan Content Optimization yang dimaksud Content Optimization yaitu kita mengoptimalkan content kita sampai kepada target Audience kita, selain dengan memberikan keyword yang unik pada setiap content yang kita buat kita perlu mempostingkan content kita ke website-website yang memiliki traffic tinggi, khususnya yang umumnya dibaca oleh target Audience Anda.

Untuk Melakukan Content Optimization Anda perlu melakukan beberapa hal:
1.     Cari tahu Keyword apa yang dibanyak dicari oleh Target Audience Anda di Search Engine.
2.     Buatlah Artikel secara rutin yang berhubungan dengan keyword yang dicari oleh Target Audience Anda.
3.     List Situs-Situs Artikel atau Berita yang sering dibuka oleh Target Audience Anda.
4.     Lakukan pendaftaran Situs-Situs yang menyediakan posting Artikel yang banyak dikunjungi Target Audience Anda.
5.     Posting Artikel secara rutin ke Situs-Situs tersebut dengan tidak lupa mengoptimalkan setiap Artikel dengan keyword/tag yang sesuai dengan isi artikel Anda.
6.     Lakukan Share setiap artikel Anda ke Social Media ataupun Milist2 yang banyak diikuti target Audience Anda.
7.     Gunakan jasa Advertorial di situs-situs yang banyak dikunjungi target Audience Anda, Advertorial adalah membuat sebuah artikel yang bermanfaat yang bertujuan untuk mempromosikan produk kita, sehingga tidak terlihat jualan tetapi kita memberikan masukan bermanfaat kepada target audience kita.

Dalam melakukan content Optimization ini Anda perlu membuat schedule, karena Anda perlu melakukannya secara rutin.  Selain itu content optimization kita bisa dibantu dengan memasang Google Adwords atau dengan Contextual Ads. Yang dimaksud Contextual Ads kita memasang iklan dimana kita menentukan siapa target Audiencenya. Contohnya kita memasang iklan di sebuah iklan disebuah web berita misalnya detik.com kemudian kita tentukan dulu pada topic apa,  pada isi artikel apa, pada jam berapa dan kita mau menampilkan iklan tersebut.

Search Engine Optimization (SEO) merupakan tahap 6 dari Digital Marketing 360. Search Engine Optimization atau disingkat SEO merupakan strategi maupun usaha yang kita lakukan supaya website yang kita miliki bisa tampil dihalaman pertama Search Engine ketika orang memasukan kata kunci yang berhubungan dengan website kita. Mengapa SEO sangat penting karena setiap kali orang mencari apapun di dunia internet mereka pasti mencarinya lewat Search Engine, dan umumnya orang hanya melihat pada halaman pertama saja atau maksimum sampai 3 halaman pencarian.

Untuk melakukan SEO kita perlu mengetahui cara berpikir Google atau aturan main apa yang menjadi pertimbangkan dia untuk meletakan website kita bisa diurutan atas. Salah satu pola berpikir mesin pencari adalah mengikuti cara berpikir manusia, jika kita ingin mencari seseorang misalnya dia seorang dokter handal tentu Anda akan bertanya ke teman-teman siapakah dokter yang baik, jika banyak menyarankan si A maka Anda akan memasukan si A tersebut diurutan atas, demikian juga berlaku pada Search Engine jika banyak website lain yang merekomendasikan bahwa website A tersebut adalah web kesehatan yang baik maka Search Engine akan menaikan web tersebut ke peringkat atas.

Untuk itu dalam melakukan SEO kita perlu membangun banyak Back Link yaitu link balik ke website kita dari web-web lain yang ada, apalagi bila website yang merekomendasikan website kita merupakan website memiliki traffic tinggi maka tentunya akan lebih dipercaya oleh Search Engine. SEO sendiri ada dua macam usaha yang perlu kita lakukan yaitu Offpage dan Onpage. Offpage adalah usaha yang dilakukan diluar website sedang Onpage adalah usaha yang dilakukan didalam website kita. Karena sekarang dunia Mobile Application berkembang maka SEO kini telah berkembang lagi menjadi 2 jurusan : Yang pertama Web SEO, SEO untuk website yang dari dulu berjalan dengan mengoptimalkan web di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Dan yang kedua adalah Apps SEO yaitu untuk Mobile Application, bagaimana mengoptimalkan agar Mobile Apps Anda bisa masuk kedalam urutan atas mesin pencari pada Apps Anda misalnya pada ISTORE (Apple Market), Android Market, BB Market, dll.
 
Bagaimana kita dapat mencapai para Target Audience kita dengan lebih mudah dan mengena yaitu dengan membangun fasilitas informasi yang mereka gunakan sehari-hari
yaitu dengan device yang mereka gunakan sehari-hari. Agar investasi yang kita keluarkan effektif dan efficient maka sebelumnya kita harus melakukan riset apakah device yang paling banyak digunakan oleh para target Audience kita. Sebagai informasi jika Anda ingin membidik pasar luar seperti US dan Jepang maka yang terbaik Anda dapat membangun applikasi IOS seperti Iphone dan Ipad, tetapi klo untuk Indonesia mayoritas pengguna Blackberry maka Anda dapat membangun Applikasi BB.

Mobile Apps merupakan cara yang sangat baik dalam mendekatkan diri kepada para calon konsumen kita karena mereka menggunakan mobile sehari-hari, selain itu Mobile Apps memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh website pada umumnya. Salah satunya dengan Mobile Apps kita mampu menciptakan sebuah pemasaran Bermakna lewat fitur-fitur yang dimilikinya. Kita ambil contoh Nike Plus, sebuah sepatu lari keluaran Nike yang bekerja sama dengan Apple, dimana menciptakan sebuah sepatu lari yang diberikan chip disepatunya dimana terdapat Application di dalam Ipod yang bertindak sebagai personal trainernya, sehingga pengguna dapat memperoleh pengalaman seolah-olah memiliki personal trainer dengan sepatu itu. Setiap pengguna sepatu ini dapat membuat program latihannya sendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan
mereka dapat memantau hasil latihan mereka lewat application tersebut.

Mobile Apps dapat menciptakan sebuah pengalaman yang beharga buat para customer kita, selain itu dengan Mobile Apps kita dapat menciptakan tools yang bermanfaat. Kita juga dapat melihat Ipad Apps yang dimiliki Toyota dengan Apps tersebut kita dapat memilih mobil yang kita ingin beli dengan melihat dari berbagai sudut, melihat interior maupun
exterior dan yang paling bermanfaat adalah terdapat fasilitas untuk menghitung berapa biaya yang harus kita keluarkan bila kita ingin mengambil fasilitas kredit. Hal ini sangat membantu pembeli dalam menentukan dan memutuskan mobil mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan daya beli mereka.

Selain itu kini Website Company Profile sebuah perusahaan banyak yang sudah dibuat dalam bentuk mobile Apps, selain memiliki fasilitas yang lebih mendekatkan dengan pelanggan, Company Profile dalam bentuk Apps dapat memiliki keleluasaan dalam menciptakan pengalaman dengan Audiencenya, kita dapat memasukan Animasi, Music, maupun fasilitas-fasilitas yang dapat berinteraksi dengan Audience kita. Selain itu fasilitas Touch Screen memberikan pengalaman yang berbeda dibanding user kita hanya berhubungan dengan web browser.

Social Media merupakan alat digital marketing yang sangat effektif dan terukur. Social Media digunakan untuk membangun komunitas para pengguna produk atau service kita, yang bertujuan untuk membangun hubungan serta menjaga loyalitas para konsumen kita, yang menjadi kelebihan dengan Social Media kita dapat membangun komunikasi 2 arah, jadi kita dapat mendengar apa yang menjadi pikiran dan aspirasi dari konsumen kita.

Dalam Social Media Sendiri terdapat 3 macam jenis aktifitas yang dapat kita lakukan, yaitu :

1.     Social Media Maintenance: yaitu kegiatan merawat komunitas yang kita dengan melakukan posting rutin didalam social media kita misalnya facebook atau twitter dimana kita juga melakukan interaksi dengan membalas comment dari para anggota ataupun fans kita. Dalam hal ini kita perlu membuat sebuah team kecil yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan posting rutin, membalas comment serta menghapus comment yang kurang baik.

2.     Social Media Endorsement : yang dimaksud Social Media Endorsement kita mencari orang untuk mengendors social media yang kita miliki dengan memakai orang-orang yang menjadi public figure di dunia social media dimana orang-orang ini umumnya memiliki fans yang sangat banyak. Dalam memilih Endorser kita juga harus menentukan apakah Endorser yang bidangnya sesuai dengan produk kita. Misalnya kita memiliki produk tentang keuangan (Finance) maka carilah Endorser yang dibidang Keuangan (Finance) juga.  Social Media Endorsement ini sangat terukur karena dengan cara ini kita dapat melakukan apa yang disebut Network Acquisition yaitu dengan mengajak para fans dari Endorser kita untuk bergabung kedalam Social Media Group yang kita miliki.

3.     Social Media Activation: yang dimaksud Social Media Activation yaitu kita membuat sebuah aktifitas/ event yang unik dan terus dipantau informasinya lewat Social Media Channel yang kita miliki dimana bertujuan untuk menarik perhatian para target audience kita untuk mau bergabung serta mengikuti social media group kita. Social Media Activation ini adalah salah satu kunci keberhasilan dari pemasaran Digital Marketing 360 Anda karena dengan membuat sebuah aktifitas / event yang unik dapat menciptakan WOM (Word Of Mouth) dengan kita menciptakan WOM maka akan meningkatkan Awareness terhadap produk kita secara significant. Social Media Activation merupakan hal yang wajib Anda lakukan bila memang Anda membutuhkan produk Anda dikenal secara meluas dan cepat.

Dalam melakukan kampanye Social Media agar kita mengetahui apakah kampanye  berhasil atau tidak maka kita harus memantau aktifitas dan interaksinya dengan berbagai tools yang ada misalnya kalau Anda menggunakan Facebook ada tools yang disebut Facebook Analytics dengan tools ini Anda bisa mengetahui tingkat interaksi yang dilakukan dan demografi fans group Anda.

Kampanye Social Media ini juga wajib diintegrasikan lewat website yang Anda punya sehingga terjadi kampanye Digital Marketing yang memiliki kesatuan. Ingat kampanye apapun yang ada di Social Media Anda wajib ada di website Anda. Anda pun juga dapat menggunakan beberapa widget sehingga apa yang ada di Social Media bisa langsung muncul di website Anda ataupun sebaliknya apa yang diberitakan di website Anda bisa langsung muncul di Social Media Anda, dengan demikian maka akan membuat kerja tim Anda lebih effektif.
 


 
Jorganizer Hamdani
024-7060.9694 (flexy)
hope 4 the best n prepare 4 the worst
knowing is nothing without applying

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog