Monday, January 31, 2011

Menulis Lebih Mengasah Otak Ketimbang Mengetik

Norwegia, Di zaman moderen sekarang ini, kebanyakan orang lebih suka mengetik dengan menggunakan keyboard komputer ketimbang menulis dengan pena dan tangan sendiri. Padahal, menulis dengan tangan lebih banyak mengasah otak ketimbang mengetik.

Menurut peneliti, membaca dan menulis melibatkan sejumlah indra di tubuh sehingga mengasah kinerja otak. Proses otak ini ternyata hilang ketika orang beralih dari pena dan buku menjadi layar komputer dan keyboard.

Saat menulis dengan tangan, gerakan yang terlibat meninggalkan jejak di bagian otak yang disebut sensorimotor tersebut. Proses ini membantu orang untuk mengenal huruf.

Peneliti mengatakan, sentuhan dan gerakan mengetik pada keyboard menghasilkan respons yang berbeda dalam otak, yang berarti tidak memperkuat mekanisme pembelajaran dengan cara yang sama.

"Karena menulis dengan tangan membutuhkan waktu lebih lama dari mengetik pada keyboard, maka aspek temporal otak yang terlibat dalam bahasa juga dapat mempengaruhi proses belajar," jelas Profesor Anne Mangen, ahli dari Stavanger University, seperti dilansir Dailymail, Selasa (25/1/2011).

Prof Mangen menyebutkan, kondisi ini berkaitan dengan haptic. Istilah 'haptic' mengacu pada proses menyentuh dan cara orang berkomunikasi dengan sentuhan, terutama dengan menggunakan jari-jari dan tangan untuk menjelajahi lingkungan.

Penelitian ini dilakukan dengan tes mempelajari abjad, yang dibagi dalam dua kelompok partisipan. Kelompok pertama diajarkan menulis surat dengan tangan, sedangkan kelompok lainya dengan menggunakan keyboard.

Pada interval mingguan, kenangan partisipan tentang abjad dicatat. Dan orang-orang yang mempelajari huruf melalui membaca dan menulis mendapatkan hasil yang terbaik.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Stavanger University di Norwegia dan neurofisiologi Jean-Luc Velay dari Marseille University. Hasil temuan ini telah diterbitkan dalam jurnal Haptics.


Tambang Emas dalam diri

Kita memang hanya memiliki satu pikiran. Tetapi sebenarnya pikiran kita ini punya 2(dua) dimensi dan ciri berbeda. Saya biasa menyebutnya Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar. Pikiran sadar adalah pikiran yang setiap saat kita gunakan dalam aktifitas kehidupan kita. Pikiran sadarlah yang menuntun kita melakukan segala aktifitas kita sehari-hari. Dimensi pikiran kita satunya adalah pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar kita sangat peka dan tanggap terhadap apa yang dipikirkan oleh pikiran sadar kita. Suatu pengetahuan tentang interaksi antara pikiran sadar dan bawah sadar akan memungkinkan Anda mentransformasikan seluruh hidup Anda.

Untuk mengubah keadaan lahir, Anda harus mengubah sebabnya; dan “sebab” itu adalah cara Anda menggunakan pikiran sadar Anda. Ingatlah, alam bawah sadar kita sangat peka terhadap pikiran sadar kita. Pikiran sadar kita membentuk cetakan atau matriks, kemudian lewat matriks tersebut mengalir tanpa batas segala bentuk kekuatan hidup dan energi pikiran bawah sadar kita. Jadi kita sebenarnya punya suatu “tambang emas” di dalam diri kita, termasuk Anda. Tapi kebanyakan dari kita tidak menyadari adanya “tambang emas tak terbatas” ini di dalam diri kita. Apapun yang kita inginkan, bisa kita dapatkan dari tambang ini. Di dalam pikiran bawah sadar Anda ini, terletak kebijaksanaan tak terbatas, kekuatan tak terbatas, dan persediaan tak terbatas untuk segala kebutuhan Anda guna bisa menikmati kehidupan yang sesuai keinginan Anda.

“Tenaga dalam” tak terbatas di dalam pikiran bawah sadar ini bisa mengungkapkan segala hal yang perlu Anda ketahui di setiap waktu dan ruang; asalkan Anda bisa dan mau menerimanya. Akan tercipta untuk Anda, jalan yang seharusnya Anda lalui sesuai keinginan Anda. Walaupun tak terlihat, energi pikiran bawah sadar ini mempunyai kekuatan dahsyat. Di dalam pikiran bawah sadar, Anda akan menemukan pemecahan dari setiap masalah dan sebab dari setiap akibat. Jika Anda sudah mampu menggunakan “tenaga dalam” dan menarik kekuatan rahasia besar ini; maka Anda benar-benar memiliki kekuatan dan kebijaksanaan penting, untuk menuju kesuksesan seperti keinginan Anda. Ibarat sebuah kapal, “pikiran sadar” adalah nakhoda dan pemimpin “kapal” kita; yaitu tubuh kita, lingkungan kita dan semua urusan kita. “Pikiran bawah sadar” akan selalu menerima perintah atas dasar apa yang dipercaya dan dianggap benar oleh “pikiran sadar” kita.

Jika Anda berulang-ulang, setiap saat berkata kepada orang, “Saya tidak mungkin bisa sukses, saya tak mungkin punya uang banyak, saya tak akan mampu membeli rumah, saya tak mampu beli mobil, saya tidak mungkin bisa punya pacar, saya tidak bisa melakukan pekerjaan ini, saya khawatir ditolak orang, saya jelek”, dan lain sebagainya. Anda dapat memastikan, bahwa pikiran bawah sadar Anda akan mengikuti perintah Anda; perintah yang ada pada pikiran sadar Anda. Kalau perintah dari pikiran sadar Anda negatif seperti contoh di atas tadi, maka dapat dipastikan Anda akan benar-benar mengalami malapetaka di dalam perjalanan hidup Anda. Anda benar-benar akan terpuruk dalam kehidupan Anda.

Pikiran bawah sadar Anda merupakan wadah segenap emosi serta bersifat sebagai pencipta. Kalau yang Anda pikirkan baik, yang terjadi adalah baik; jika yang Anda pikirkan jahat, yang terjadi adalah jahat. Begitulah kerja pikiran Anda. Yang harus diingat adalah: “Begitu pikiran bawah sadar menerima suatu gagasan, pelaksanaannya akan langsung dimulai”. Dan inilah kebenarannya, pikiran bawah sadar kita akan selalu bekerja sama dengan gagasan baik maupun gagasan buruk.

Pikiran bawah sadar adalah suatu prinsip dan bekerja menurut hukum keyakinan dan kepercayaan. Keyakinan dan kepercayaan kepada diri sendiri. Ingat, hukum pikiran kita adalah hukum kepercayaan; percaya pada cara bekerjanya pikiran itu dan percaya pada kepercayaan itu sendiri. Kepercayaan pikiran kita adalah buah pikiran di dalam pikiran kita sendiri. Semua pengalaman, peristiwa, keadaan dan tindakan kita merupakan reaksi dari pikiran bawah sadar kita terhadap buah pikiran kita. Ingatlah, yang mendatangkan hasil bukanlah apa yang kita percayai, melainkan kepercayaan kita pada pikiran kita sendiri. Sibukkanlah pikiran Anda dengan pemikiran tentang keserasian, kesehatan, kedamaian, kesejahteraan, kesuksesan, dan kemauan baik; maka keajaiban akan terjadi pada kehidupan diri Anda.

5 comments:

  1. Great article, totally what I wanted to find.

    My web site ... lasertest

    ReplyDelete
  2. You should take part in a contest for one of the finest sites online.
    I most certainly will highly recommend this site!

    Also visit my web page; lasertest

    ReplyDelete
  3. , they, in my opinion, have begun to erode those very principles
    upon which this country was built. The making of the first
    Christmas card would have not been credited to him if a British business man did not commission him
    to do so. This special edition and super affordable Christian Bautista CD
    is the company.

    Feel free to surf to my website ... merrychristmaswisesh2015eve.com

    ReplyDelete
  4. map can go improper as on that point are no posted deals, be
    certain to collaborator with them, so that you get picked a estimable and honest jeweller.
    The strange should be that you are on the deal and how you
    use up a pretty fearsome inebriant. If you cite
    the solid of Coach purses
    Red Bottom Shoes Nike Air Max Kate Spade Outlet Christian Louboutin Shoes Coach Outlet Online Jimmy Choo Shoes Jimmy Choo Shoes Online Cheap Ray Ban Sunglasses Coach Factory Outlet Coach Factory Michael Kors Outlet Online Coach Handbags Outlet Coach Handbags Outlet Cheap Ray Ban Sunglasses Prada Handbags Marc Jacobs Handbags
    Cheap Ray Ban Sunglasses Coach Factory Outlet CHI Flat Iron Coach Factory Outlet referred to as galore booze tastings and clubs.
    It's grave that you intention be. cinematography into kindness
    such as including a ordering of series videos.
    Podcasts direct quick get ahead same free-enterprise playing,
    so they design be far from stark. Now that you can get all of the noesis constantly.

    ReplyDelete
  5. Sportsmen with flat ft tend to have quite adaptable ft and often obtain that a tennis shoe,
    operating shoe, or skate shoe which gives movement command and a rigid sole is best for their
    ft. Presumably this improve was produced for that objective of
    visibility to the Tv display screen. The point is to always keep in mind these three helpful hints.


    my web site Australian Open Tennis 2016

    ReplyDelete

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog