Friday, December 17, 2010

What Business Are You In?

What Business Are You In?

(by : Sugeng Santoso Certified Business Performance Coach -Brian Tracy's FocalPoint Coaching)

(Dimuat di Majalah Pengusaha Edisi September 2009)

Pada pertengahan bulan Januari lalu, ketika saya sedang duduk santai menikmati sore yang nyaman dengan cuaca sejuk sedikit berangin, sambil membaca sebuah buku dari Brian Tracy sebagai salah satu mentor saya, seorang peserta Bimbingan Bisnis yang selalu rutin bertemu dengan saya mengirimkan sebuah pesan singkat melalui sms : “Coach, sejak terakhir bertemu Coach senin yang lalu, selama seminggu ini saya sudah merenungkan tujuan saya, dan saya memutuskan saya sudah siap untuk berlari lebih maju dan mengembangkan bisnis saya!”

Saya selalu kagum kepada klien saya ini. Orang yang sangat luar biasa dan sukses dalam bisnis makanan dan perusahaan “trading”nya, akan tetapi masih tetap mau terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi setiap harinya.

Saya membalas pesan tersebut :”Excellent Pak! Segala sesuatu memang harus selalu dimulai dengan sebuah KEPUTUSAN! Ok, sebelum kita bertemu kembali senin depan, saya ingin anda merenungkan dan menjawab pertanyaan ini : WHAT BUSINESS ARE YOU IN? – Berada di dalam bisnis apa sebenarnya anda saat ini?”

“Tindakan anda adalah hasil dari keputusan yang anda buat sebelumnya” (Sugeng Santoso)





Ya, banyak orang begitu bernafsu ingin segera meledakkan bisnisnya tanpa menyadari terlebih dahulu “Berada di dalam bisnis apa mereka saat ini?”

Sebelum mengembangkan bisnis kita menjadi lebih besar, kita harus menyadari jawaban dari pertanyaan tersebut terlebih dahulu. Karena semua langkah pengembangan yang kita lakukan harus dipusatkan kepada pembangunan fondasi dan karakter-karakter yang mendukung di dalam bisnis apa yang sebenarnya sedang kita jalankan sekarang ini. Pemahaman yang salah mengenai hal ini dapat menyebabkan kesalahan fatal di dalam pelaksanaan strategi dan penempatan posisi bisnis kita di pasaran.

“What business are you in?” – Di dalam bisnis apa anda saat ini, adalah bukan hanya tentang apa yang sedang anda kerjakan, bukan hanya tentang produk dan jasa anda, ataupun bukan tentang deskripsi fitur/ kecanggihan produk dan jasa anda.

Di dalam bisnis apa kita saat ini adalah salah satu proses mendefinisikan bisnis kita dalam hal apa yang sebenarnya dapat diberikan oleh produk dan jasa kita kepada pelanggan kita. Apa satu kalimat yang kita inginkan akan terbersit di dalam pikiran pelanggan kita ketika mereka merasakan, mengalami, mendengar, membaca nama produk dan jasa kita, bahkan nama perusahaan kita.

Apakah kita berbisnis pembuatan rel kereta api ataukah kita berbisnis membantu pembuatan sarana transportasi barang dan manusia? Dengan tidak memperdulikan lingkup yang lebih besar ini dan kemungkinan- kemungkinan munculnya sarana-sarana transportasi baru, misal jalan tol baru, travel, rute bis baru, armada truk angkutan baru, kita dapat kehilanggan milyaran rupiah dalam investasi yang kita lakukan untuk memperbesar bisnis kita.

Apakah anda masih ingat akan alat bantu “pager” yang dulu sempat meledak penggunaannya?

Contoh lain, apakah kita berbisnis parfum atau berbisnis menyediakan sarana meningkatkan kepercayaan diri?

Apakah kita hanya berbisnis restaurant ataukah berbisnis menyediakan tempat mendapatkan makanan dengan cepat saji, bersih dan mudah dijangkau tempatnya?

Apakah kita hanya berbisnis restaurant ataukah berbisnis menyediakan tempat yang memberikan rasa bangga ketika kita bisa makan di dalamnya?

Apakah kita berbisnis minuman kopi ataukah berbisnis tempat berkumpul dan berkomunitas?

Apakah kita hanya berbisnis ice cream dengan bahan dasar yoghurt ataukah kita berbisnis makanan ringan sehat berbahan dasar yoghurt?

Karena pemilihan di dalam bisnis apa kita saat ini, akan mempengaruhi strategi pemasaran, penentuan target market, penentuan harga, pemilihan lokasi, desain outlet, bahan baku yang dipakai dan bahkan bahan topping yang akan kita taburkan dan pakai di dalam penyajian yoghurt kita



Langkah Sederhana untuk Mengembangkan Bisnis Kita : Temukan “Area of Excellent” Diri Kita, Perusahaan Kita dan Produk/ Jasa Kita

Agar bisnis dan kehidupan kita dapat berkembang pesat, kita harus dapat menyelami “Area of Excellent” dari bisnis kita dan diri kita sendiri.

Kita semua adalah ciptaan yang luar biasa dari Sang Pencipta kita. Masing-masing dari kita, PASTI memiliki talenta dan kemampuan spesial, yang lebih dari orang lain, yang bila kita tempatkan dan manfaatkan dengan tepat, akan membuat bisnis dan kehidupan kita melaju dengan pesat.

Di area mana kita dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik dibandingkan dengan orang lain?

Di area mana bisnis kita lebih baik dibandingkan 90% kompetitor kita? Dengan kata lain :

1. Apakah keunggulan kompetitif kita sebagai pribadi pemilik bisnis dibandingkan pemilik bisnis lain yang sejenis?
2. Apakah keunggulan kompetitif perusahaan dan team kita dibandingkan perusahaan dan team lain yang sejenis?
3. Apakah keunggulan kompetitif produk dan jasa kita dibandingkan produk dan jasa lain yang sejenis?

Ini adalah titik paling vital di dalam hidup pribadi dan bisnis kita. Kita hanya dapat sukses apabila kita dapat fokus, meletakkan seluruh hati dan minat kita pada area tersebut dan menjadi luar biasa, menjadi lebih unggul dibandingkan kompetitor-kompetit or kita!

Dengan mengetahui “What Business Are You In? – Di dalam bisnis apa sebenarnya kita saat ini” dan kemudian kita fokuskan pengembangan kita pada “Area of Excellent” dari diri kita sebagai pemilik bisnis, pengembangan pada “Area of Excellent” dari perusahaan kita dan pengembangan pada “Area of Excellent” dari produk atau jasa kita, gambaran pengembangan bisnis kita ke depan dan persiapan kita untuk berkompetisi akan jauh lebih matang.

Sebagai pemilik bisnis, tugas kitalah untuk memikirkan hal tersebut demi terjaminnya kelangsungan hidup bisnis kita. Tugas kitalah untuk selalu memikirkan pengembangan bisnis kita dengan tetap berfokus pada “Area of Excellent” dari ketiga komponen bisnis tersebut yaitu diri anda sebagai penentu arah dan kebijakan, perusahaan beserta team kita yang ada di dalamnya sebagai wadah dan asset, serta produk atau jasa kita sebagai sarana untuk mencapai tujuan-tujuan kita berbisnis.

Selain itu perlu kita ingat, bahwa semua bisnis, produk maupun jasa di dunia ini selalu memiliki “life cycle – siklus hidup” nya.

Dengan terus meningkatkan potensi dan kemampuan diri kita dan bisnis kita, dengan terus mempelajari kompetensi-kompeten si apa saja yang diperlukan untuk menjadi top 10% dari bidang bisnis yang sedang kita jalani saat ini, keunggulan kompetitif kita akan semakin terus berkembang.

What Business Are You In? What is Your Area of Excellent?

Selamat mengembangkan bisnis anda!

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog