Tuesday, December 29, 2009

Apa itu bisnis internet (website) ?

Bisnis Internet dikenal juga dengan istilah Internet marketing, i-marketing, web marketing, online marketing, atau eMarketing, adalah cara memasarkan produk atau layanan melalui Internet. Internet marketing, also referred to as i-marketing, web marketing, online marketing, or eMarketing, is the marketing of products or services over the Internet.
Jadi singkatnya, Bisnis Internet adalah bisnis yang menggunakan media internet sebagai media pemasaran produk dan jasanya. Jadi internet hanyalah media. Produk yang dipasarkan bisa berupa produk fisik, produk digital maupun Jasa.

Contoh produk fisik seperti pakaian, elektronik, komputer, handphone dan lain-lainnya, contoh produk digital seperti ebook, video, audio, software, dan lain-lainnya sedangkan contoh produk jasa seperti jasa design website, jasa pemasangan iklan, jasa penterjemah dan lain-lainnya.

Bisnis produk fisik memerlukan kegiatan pengiriman produk melalui Pos/kurir ke alamat pembeli. Pada bisnis produk digital, pembeli menggunakan akses koneksi internet untuk mendownload produk digital tersebut ke komputernya, dengan demikian pengiriman produk dapat dilakukan secara ototmatis sehingga mengurangi beban kerja pengusaha. Pada bisnis Jasa, pengiriman produk tergantung jenis Jasa apa yang ditawarkan.

Bisnis Internet bukanlah bisnis yang rumit, Anda bisa memasarkan produk fisik melalui internet seperti pakaian, komputer, handphone, dan lain-lainnya, dengan mengatur cara pemesanan dan pembayarannya, dan kemudian mengirimkan produk fisik tersebut ke alamat pembeli baik di Indonesia maupun ke luar negeri.

Tetapi dalam memasarkan produk secara online di internet, produk digital-lah yang memberikan keuntungan paling besar. Mengapa??? Karena produk digital sangat cepat dan mudah untuk membuatnya, hanya mengeluarkan biaya produksi pertama kali saja, dan selanjutnya merupakan keuntungan 100% dari setiap penjualan dan proses pengirimannya bisa dilakukan melalui internet langsung sehingga tidak mengeluarkan biaya pengiriman lagi.


Apa saja Keuntungan Memiliki Bisnis Internet?

1. Potensi pasar yang luas
2. Memiliki faktor leverage (daya ungkit) pemasarannya.
3. Sistem bisa bekerja 24 jam secara otomatis
4. Dapat dijalankan paruh waktu
5. Promosi murah, bahkan bisa gratis
6. Modal awal kecil, dibawah Rp 500rb

Berikut penjelasanan lebih detil:

1. Potensi pasar yang luas
Coba bandingkan bila Anda menjalankan bisnis secara offline (bisnis sehari-hari) biasanya Anda terbatasi dalam memasarkan produk dan jasa Anda pada suatu wilayah kota atau dalam satu negara saja, tetapi dengan memasarkan produk secara online menggunakan media internet. Anda bisa memasarkannya ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri.

2. Memiliki faktor leverage (daya ungkit) pemasarannya
Dengan pasar yang sangat besar tersebut, akan memberikan faktor kali (leverage) yang sangat besar dalam kecepatan menghasilkan uang. Karena produk yang Anda jual di internet bisa dibeli oleh siapa saja dari Indonesia atau dari luar negeri, tinggal bagaimana cara Anda memasarkannya.

3. Sistem bisa bekerja 24 jam secara otomatis
Jika Anda menjual produk digital, maka bisnis Internet bisa diotomatisasi dengan menggunakan sistem penjualan dan follow up yang Anda atur sebelumnya. Jadi ibaratkan Bisnis Internet Anda adalah sebuah toko, maka toko Anda tersebut akan buka 24 jam sehari 7 hari seminggu non stop melayani pembeli dari seluruh dunia dan setiap calon pembeli akan difollow up secara otomatis menggunakan sistem sehingga tidak memerlukan kehadiran Anda setiap saat untuk mengawasi dan Anda bisa mengerjakan aktifitas lainnya sambil menjual produk melalui internet dan mendapatkan uang dari internet. Transaksi dan profit bisa terjadi ketika pemilik bisnis sedang tidur!

4. Dapat dijalankan paruh waktu
Bisnis Internet dapat dijalankan dengan waktu yang fleksibel dan paruh waktu. Anda bisa menggunakan waktu 1 atau 2 jam sehari untuk membangun bisnis Internet Anda setelah pulang kerja/kuliah, atapun pada saat-saat istirahat makan siang. Jika anda punya semangat yang tinggi bisnis Internet bisa Anda kembangkan dengan cepat di malam hari ketika orang lain sedang tidur!

5. Promosi murah, bahkan bisa gratis
Media Internet menyediakan banyak sekali sarana beriklan secara gratis dan efektif. Jika anda belum mempunya modal yang cukup, anda bisa mengiklankan produk dan jasa anda pada beberapa website iklan gratis.

6. Modal awal kecil, dibawah Rp 500rb
Bisni internet membutuhkan modal awal yang tidak besar. Anda bisa memulai bisnis Anda dengan modal dibawah 500rb. Bahkan ada bisnis yang bisa dimulai dengan modal awal 100rb hingga 200rb saja.

Artikel telah disadur kembali oleh:
Joko Hamdani as Sejarawan Hamdina
024-7060.9694
D'professional historian with excellent entrepreneur skill.

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog