Tuesday, June 2, 2009

Spirit Opportunity

Menjadi kaya dan sukses di bidang entrepreneur sebenarnya bisa diraih oleh siapa pun. Asalkan mengetahui kuncinya, Anda bisa meraihnya dengan mudah.

Kunci inilah yang akan menuntun, memberi jalan terang, dan menjadi spirit bagi kesungguhan Anda. Laksana sebuah kode rahasia, kunci ini menjadi metode tepat dan efektif dalam membaca rahasia yang terkandung di dalamnya sehingga Anda bisa menemukan berbagai peluang yang paling tepat untuk memulai usaha.

Akan tetapi, tidak semua kesuksesan bisa ditempuh dengan cara sederhana, terutama dalam dunia usaha. Terkadang Anda harus menemukan berbagai kekecewaan terlebih dahulu, bekerja keras, pantang mundur, dan dibutuhkan kreativitas. Kematangan berpikir menjadi salah satu pendukung utama dalam dunia usaha, sebab cara pandang akan mengikuti kualitas kerja yang dibangun.

Sebagaimana dibahas dalam buku “Kebelet Kaya” yang ditulis oleh Mardigu WP ini, Anda harus mengacu kepada 12 kunci jika ingin sukses di dunia entrepreneur. Pertama, dimulai dari sebuah pertanyaan, yaitu bagaimana Anda memulainya? Pertanyaan ini dijawab dengan beberapa poin yang membuka cakrawala jiwa entrepreneur Anda sehingga bisa menemukan titik tolak yang tepat.

Dalam memulainya, Anda harus memunculkan keberanian untuk menjadi seorang entrepreneur andal, sekalipun mesti ditempuh dengan jalan yang keras dan sulit. Malahan, justru dengan perjuangan berat, secara alami akan ada “enzim” kepemimpinan mengalir dalam tubuh. Anda akan menjadi demikian kreatif, tajam dalam berpandangan, dan memunyai tanggung jawab yang lebih besar.

Setelah itu, just do it. Lakukan segera sebelum peluang hilang dari jangkauan Anda, tanpa melihat aspek kesulitan yang Anda temui. Jangan sampai Anda mencari-cari alasan untuk tidak memulainya. Banyaklah bertanya kepada teman-teman yang berpengalaman tentang bisnis yang akan Anda mulai. Jika tidak memiliki modal, carilah pinjaman. Jika tidak memiliki ide, gunakan ide orang lain yang bisa dipakai. Jika tidak memiliki tempat usaha, ajaklah orang lain untuk berpartner.

Selanjutnya, kuasai usaha Anda secara detil. Kedalaman pengetahuan yang dimiliki dalam usaha yang Anda tangani, Anda akan mengetahui kekurangan yang mesti diperbaiki dan membaca kembali peluang baru yang bisa diambil. Dengan begitu, Anda bisa membuat peta pengembangan yang bisa digunakan dalam melebarkan sayap usaha Anda.

Dalam proses berikutnya, Anda bisa menggunakan ide kreatif untuk tampil beda. Perbedaan ini akan menjadi brand yang melekati usaha Anda. Perbedaan ini menjadi keunikan yang bisa mengundang konsumen atau customer. Selain itu, tampil beda itu membuka peluang untuk lebih mudah dikenal.

Hal lainnya yang penting dilakukan dalam memulai usaha ini ialah membekali diri dengan siasat jitu dalam semangat juangnya. Dan, perlunya memiliki keinginan membuktikan dan mewujudkan mimpi. Bawa diri Anda melewati batas kemampuan, push to the limit, lalu taklukkan.


No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers

Networked Blog